Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Menyelesaikan Soal Aljabar Di MAN Insan Cendekia Sorong Kelas X

Setiawan, Tri Catur (2024) Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Menyelesaikan Soal Aljabar Di MAN Insan Cendekia Sorong Kelas X. S1 thesis, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong.

[thumbnail of Tri Catur Setiawan-148420220014.pdf] Text
Tri Catur Setiawan-148420220014.pdf

Download (5MB)

Abstract

Kemampuan berpikir kritis dalam menyelesaikan soal aljabar merupakan salahsatu kemampuan yang penting dapat mengerjakan oleh seorang siswa. Hal inikarena kemampuan berpikir kritis dalam menyelesaikan soal aljabar eratkaitannya dengan berpikir kreatif dan menjadi seorang siswa dapat mandiri.Kemampuan ini juga berkaitan dengan pembelajaran matematika, yang dapatmelatih kemampuan tersebut. Aljabar sebagai salah satu materi yang harusdikuasai siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuangenerasional, transformasional, dan level-meta global, pada siswa kelas X MANInsan Cendekia Sorong. Metode penelitian yang digunakan adalah denganpendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan dengan memberikan teskemampuan berpikir kritis dalam menyelesaikan soal aljabar pada siswa kelaspenelitian. Selanjutnya berdasarkan hasil tes kemampuan berpikir kritis dalammenyelesaikan soal aljabar siswa dikelompokkan berdasarkan kemampuanberpikir kritis dalam menyelesaikan soal aljabar mereka terdiri atas kelompoktingkat tinggi, kelompok tingkat sedang, dan kelompok tingkat rendah. Hasil daripenelitian ini menunjukkan bahwa: (1) siswa pada kelompok tingkat tinggimempunyai kemampuan generasional, transformasional, dan level-meta globalyang cenderung tinggi. (2) siswa pada kelompok tingkat sedang mempunyaikemampuan generasional dan transformasional yang cenderung sedang, dankemampuan level-meta global yang cenderung tinggi. (3) siswa pada kelompoktingkat rendah mempunyai kemampuan generasional yang rendah sampai sedang,kemampuan transformasional yang cenderung rendah, dan kemampuan level-metaglobal yang cenderung sedang.

Item Type: Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (S1)
Subjects: 500 ILMU MURNI > 510 Matematika > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Pendidikan Eksakta (FEKSA) > Pendidikan Matematika
Depositing User: UNIMUDA Administrator Sorong
Date Deposited: 11 Jan 2025 23:51
Last Modified: 11 Jan 2025 23:51
URI: http://eprints.unimudasorong.ac.id/id/eprint/515

Actions (login required)

View Item
View Item