Solefuey, Stevany C (2024) Peningkatan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Alat Peraga Ular Tangga Kelas IX SMP Negeri 1 Kabupaten Sorong. S1 thesis, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong.
![[thumbnail of Stevany C Solefuey-148420220005.pdf]](http://eprints.unimudasorong.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Stevany C Solefuey-148420220005.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Penelitian yangbermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjekpenelitian misalnya perilaku, cara deskripsi dalam bentuk kata-kata dan bahasa,pada suatu konteks khusus yang alamiah dan dengan memanfaatkan berbagaimetode alamiah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapanalat peraga ular tangga terhadap hasil belajar Matematika kelas VII SMP IslamGUPPI Kota Sorong. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di kelasVII SMP Islam GUPPI Kota Sorong. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 17siswa. Instrument penelitian ini menggunakan soal pilihan ganda dandokumentasi, dengan menggunakan soal angket belajar pretest dan posttest yangberjumlah 20 soal pilihan ganda yang dibagikan kepada seluruh sampel penelitian.Berdasarkan hasil penelitian dan analisis deskriptif diperoleh persentase hasilanalisis soal siswa pada kelas pretest dengan rata-rata nilai hasil yaitu 27,5.Sedangkan hasil analisis soal siswa pada kelas posttest dengan rata-rata nilai hasilyaitu 73,91. Melalui uji hipotesis diperoleh thitung > ttabel dimana, thitung = 19.940sedangkan ttabel = 1,68 menunjukkan H0 ditolak. Dengan demikian, nilai thitungjauh lebih besar dari pada nilai ttabel maka Ha diterima, artinya bahwa alat peragaular tangga efektif terhadap hasil belajar Matematika kelas VII SMP Islam GUPPIKota Sorong.
Item Type: | Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Alat Peraga Ular Tangga, Hasil Belajar, SMP Islam GUPPI Kota Sorong |
Subjects: | 500 ILMU MURNI > 510 Matematika > 510.7 Pendidikan Matematika |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Eksakta (FEKSA) > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | UNIMUDA Administrator Sorong |
Date Deposited: | 11 Jan 2025 23:47 |
Last Modified: | 11 Jan 2025 23:47 |
URI: | http://eprints.unimudasorong.ac.id/id/eprint/514 |