Pengaruh Model PIS Terhadap Minat Belajar Matematika Siswa MTs Al-Ma’arif 2 Mayamuk

Pratiwi, Rina Aulia (2024) Pengaruh Model PIS Terhadap Minat Belajar Matematika Siswa MTs Al-Ma’arif 2 Mayamuk. S1 thesis, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong.

[thumbnail of Rina Aulia Pratiwi-148420220010.pdf] Text
Rina Aulia Pratiwi-148420220010.pdf

Download (20MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh Model PIS terhadap minatbelajar Matematika siswa MTs Al-Ma-arif 2 Mayamuk. Jenis penelitian yangdigunakan adalah penelitian kuantitatif dan metode penelitian yang digunakan adalahmetode penelitian eksperimen dengan bentuk Pre-Eksperimental Design. Desainpenelitian dalam penelitian ini menggunakan One group pretest-posttest designdengan digunakannya satu kelompok/kelas sebagai kelas eksperimen. Kelaseksperimen akan diberikan pretest sebelum diberikan perlakuan dan posttest sesudahdiberikan perlakuan. Pretest dan posttest dalam penelitian ini berupa kuesioner minatbelajar Matematika siswa. Populasi dan sampel yang digunakan dalam penelitian iniadalah siswa kelas VIII MTs Al-Ma’arif 2 Mayamuk sebanyak 25 orang. Pengujiandata pretest dan posttest dalam penelitian ini menggunakan Uji Saphiro Wilk untukmelihat data tersebut berdistribusi normal atau tidak. Kemudian, diuji menggunakanUji Paired Sample T-Test untuk melihat adanya pengaruh Model PIS atau tidak.Setelah penelitian dan semua uji dilakukan, didapat hasil akhir bahwa Model PIS(Pembelajaran Inklusi Sosial) berpengaruh terhadap minat belajar Matematika siswaMTs Al-Ma’arif 2 Mayamuk.

Item Type: Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (S1)
Subjects: 500 ILMU MURNI > 510 Matematika > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Pendidikan Eksakta (FEKSA) > Pendidikan Matematika
Depositing User: UNIMUDA Administrator Sorong
Date Deposited: 11 Jan 2025 23:39
Last Modified: 11 Jan 2025 23:39
URI: http://eprints.unimudasorong.ac.id/id/eprint/512

Actions (login required)

View Item
View Item