Intan, Eka Kusuma Ning (2024) Efektivitas Model Pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP. S1 thesis, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong.
![[thumbnail of Eka Kusuma Ning Intan-148420219008.pdf]](http://eprints.unimudasorong.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Eka Kusuma Ning Intan-148420219008.pdf
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa serta mengetahuiefektivitas model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual)terhadap hasil belajar siswa kelas VII MTs Muhammadiyah 2 Aimas. Subjek padapenelitian ini yaitu 32 siswa kelas VII B. Instrumen penelitian yang digunakanberupa lembar observasi penilaian sikap dan keterampilan serta soal tes hasilbelajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain One-Group Pretest Posttest Design. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai thitung > t tabel pada aspek kognitif, afektif dan psikomotorik dengan nitai t hitungpengetahuan sebesar 18.526 > 1.696, sikap 12.079 > 1.696, dan keterampilan14.264 > 1.696 maka �0 ditolak dan �� diterima. Pada uji efektivitas nilai meanN-Gain Score ketiga aspek penilaian hasil belajar diperoleh nilai meanpengetahuan sebesar 0.5726, sikap 0.6130 dan keterampilan 0.6036 dengankategori sedang, selanjutnya perolehan N-Gain persen untuk pengetahuan yaitusebesar 57,26%, sikap 61.30%, dan keterampilan 60.36% dengan tafsiran cukupefektif.
Item Type: | Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model pembelajaran, model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual), hasil belajar matematika |
Subjects: | 500 ILMU MURNI > 510 Matematika > 510.7 Pendidikan Matematika |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Eksakta (FEKSA) > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | UNIMUDA Administrator Sorong |
Date Deposited: | 11 Jan 2025 23:32 |
Last Modified: | 11 Jan 2025 23:32 |
URI: | http://eprints.unimudasorong.ac.id/id/eprint/510 |