Ramadan, Padli (2024) Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Kotak Aljabar Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik di SMP. S1 thesis, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong.
![[thumbnail of Padli Ramadan-148420219009.pdf]](http://eprints.unimudasorong.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Padli Ramadan-148420219009.pdf
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan mediapembelajaran terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan jenispenelitian eksperimen semu dengan desain pretest-posttest nonequivalent controlgroup desain. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP ITASRIOS Kota Sorong yang terdiri dari 2 kelas dan diambil secara acak dua kelas sebagaisampel yaitu, kelas VII A dan VII B. Instrumen penelitian meliputi tes hasil belajarpeserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain One-Group Pretest Postest Desing. ntuk menguji bahwa pembelajaran menggunakan mediapembelajaran lebih efektif dari pada pembelajaran yang dilakukan secara langsungdianalisis menggunakan Independen sample t- test. Hasil penelitian diperoleh bahwanilai signifikan 0,000 dengan taraf signifikan sebesar 0,05 maka hasil perhitungantersebut dapat menunjukkan bahwa nilai sig ( 2tailed ) 0,000 < 0,05 maka H0 ditolakH1 diterima . Maka dapat menunjukan bahwa pembelajaran menggunakan mediamempunyai pengaruh yang baik terhadap hasil belajar peserta didik dibandingkanpembelajaran yang dilakukan secara langsung.
Item Type: | Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media pembelajaran, hasil belajar peserta didik |
Subjects: | 500 ILMU MURNI > 510 Matematika > 510.7 Pendidikan Matematika |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Eksakta (FEKSA) > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | UNIMUDA Administrator Sorong |
Date Deposited: | 11 Jan 2025 23:28 |
Last Modified: | 11 Jan 2025 23:28 |
URI: | http://eprints.unimudasorong.ac.id/id/eprint/509 |