Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Kotak Aljabar Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik di SMP

Ramadan, Padli (2024) Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Kotak Aljabar Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik di SMP. S1 thesis, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong.

[thumbnail of Padli Ramadan-148420219009.pdf] Text
Padli Ramadan-148420219009.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan mediapembelajaran terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan jenispenelitian eksperimen semu dengan desain pretest-posttest nonequivalent controlgroup desain. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP ITASRIOS Kota Sorong yang terdiri dari 2 kelas dan diambil secara acak dua kelas sebagaisampel yaitu, kelas VII A dan VII B. Instrumen penelitian meliputi tes hasil belajarpeserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain One-Group Pretest Postest Desing. ntuk menguji bahwa pembelajaran menggunakan mediapembelajaran lebih efektif dari pada pembelajaran yang dilakukan secara langsungdianalisis menggunakan Independen sample t- test. Hasil penelitian diperoleh bahwanilai signifikan 0,000 dengan taraf signifikan sebesar 0,05 maka hasil perhitungantersebut dapat menunjukkan bahwa nilai sig ( 2tailed ) 0,000 < 0,05 maka H0 ditolakH1 diterima . Maka dapat menunjukan bahwa pembelajaran menggunakan mediamempunyai pengaruh yang baik terhadap hasil belajar peserta didik dibandingkanpembelajaran yang dilakukan secara langsung.

Item Type: Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (S1)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, hasil belajar peserta didik
Subjects: 500 ILMU MURNI > 510 Matematika > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Pendidikan Eksakta (FEKSA) > Pendidikan Matematika
Depositing User: UNIMUDA Administrator Sorong
Date Deposited: 11 Jan 2025 23:28
Last Modified: 11 Jan 2025 23:28
URI: http://eprints.unimudasorong.ac.id/id/eprint/509

Actions (login required)

View Item
View Item