Surupanggil, Astripin Jeane (2024) Analisis Kemampuan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Literasi Numerasi pada Pembelajaran Matematika di sekolah Tingkat SMP/MTS Muhammadiyah Kabupaten Sorong. S1 thesis, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong.
![[thumbnail of Astripin Jeane Surupanggil-14842022000.pdf]](http://eprints.unimudasorong.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Astripin Jeane Surupanggil-14842022000.pdf
Download (2MB)
Abstract
Kemampuan literasi numerasi adalah suatu kemampuan untuk dapat memahami,menalar dan mengaplikasikan konsep dasar matematika dalam kehidupan sehari-hari. Keterkaitannya numerasi dan matematika yaitu numerasi membutuhkanpengetahuan matematika yang dipelajari dalam kurikulum tetapi, pembelajaranmatematika belum tentu menumbuhkan kemampuan numerasi dari siswa. Tolakukur dalam capaian dunia pendidikan antar negara yang diikuti oleh Indonesiayaitu Skor Programme For International Student Assessment (PISA), dimanaperingkat matematika Indonesia berada pada peringkat 63 dari 81 negara.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa dalammenyelesaikan soal literasi numerasi pada pembelajaran matematika di sekolahtingkat SMP/MTS Muhammadiyah Kabupaten Sorong, penelitian ini dilakukan diSMP U P A, SMP M 2 M dan SMP M A. Jenis penelitian dalam penelitian iniadalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini yang di dapat yaitu bahwa dari 44siswa yang telah mengerjakan soal sebanyak 5 siswa kategori tinggi, 31 siswakategori sedang dan 8 siswa kategori rendah. Dengan respon siswa bervariasi padasetiap jawaban pemenuhan indikator kemampuan literasi numerasi.
Item Type: | Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Literasi Numerasi, Pembelajaran Matematika |
Subjects: | 500 ILMU MURNI > 510 Matematika > 510.7 Pendidikan Matematika |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Eksakta (FEKSA) > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | UNIMUDA Administrator Sorong |
Date Deposited: | 11 Jan 2025 23:20 |
Last Modified: | 11 Jan 2025 23:20 |
URI: | http://eprints.unimudasorong.ac.id/id/eprint/507 |