Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Media Kahoot Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Struktur dan Fungsi Tubuh Makhluk Hidup di SMP Negeri 11 Kabupaten Sorong

Suwae, Evilina Yulanda Armada (2024) Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Media Kahoot Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Struktur dan Fungsi Tubuh Makhluk Hidup di SMP Negeri 11 Kabupaten Sorong. S1 thesis, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong.

[thumbnail of Evilina Yulanda Armard Suwae-14842052002.pdf] Text
Evilina Yulanda Armard Suwae-14842052002.pdf

Download (915kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) untuk mengetahui bagaimana pengaruh model Inkuiriberbantuan mendia Kahoot terhadap keterampilan berpikir kritis siswa kelas VIII SMPN 11Kabupaten Sorong (2) untuk mengetahui bagaimana efektifitas penerapan model pembelajaraninkuiri berbantuan media kahoot. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimental yangdikaji dengan cara kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, teshasil belajar (pretest-posttest) dan tes berpikir kritis. Dan teknik analisis data yang digunakandalam penelitian ini adalah uji prasyarat analisis dan uji hipotesis.Pada pengujian hipotesis dengan menggunakan uji independent sample t-test karena terdapatdua varian dimana data yang diuji yaitu hasil perhitungan maka diperoleh thitung sebesar 7.367dengan dk=n-1 (23) didapat dari (14-1=13) kelas kontrol (11-1=10) kelas eksperimen diperolehttabel sebesar. Berdasarkan hasil analisis data yaitu yakni jika nilai sig. (2tailed)>0,05 maka H0diterima dan H1 ditolak yang berarti tidak ada pengaruh terhadap hasil belajar siswa. Tetapijika nilai sig. (2 tailed) < 0,05) maka H0 ditolak dan H1 diterima yang berarti ada pengaruhterhadap hasil belajar siswa. Berarti dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh ModelPembelajaran Inkuiri Berbantuan Media Kahoot terhadap Keterampilan Berpikir Kritis SiswaKelas VIII SMP Negeri 11 Kabupaten Sorong.Berdasarkan penelitian penerapan model pembelajaran inkuri berbantuan media kahoot dapatdisimpulkan bahwa hasil belajar peserta didik kelas VIII-8 terjadi peningkatan adanyaperbedaan antara keterampilan berpikir kritis siswa sebelum dan sesudah pembelajaran modelinkuiri berbantuan media kahoot dengan nilai awal 53.64 dan nilai akhir 75.41 dengan Gain40.69 dan N-gain 0.61 dengan kategori sedang. Berdasarkan pengalaman peneliti dalam penerapanmodel pembelajaran inkuiri berbantuan media kahoot terhadap keterampilan berpikir kriti siswa makapeneliti memeberikan saran-saran sebagai berikut: (1) Pada penerapan model dengan berbantuan sebuahmedia hendaknya peneliti dapat mengkondisikan kelas dengan baik, agar kelas tidak berkesan gaduhdan pembelajaran tersampaiakan dengan baik, (2) Kelemahan aktivitas guru dan siswa terdapat padapenelitian penulis adalah minimnya waktu pada saat pembelajaran. Jadi untuk peneliti selanjutnya agarlebih bisa memanfaatkan waktu, agar pada saat kegiatan belajar mengajar berjalan dengan lancar, (3)Adanya keterbatasan dan kekurangan fasilitas seperti LCD, dalam penelitian ini hendaknya bisadijadikan dasar penelitian lebih lanjut.

Item Type: Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (S1)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Inkuiri Media Kahoot, Keterampilan Berpikir Kritis
Subjects: 500 ILMU MURNI > 570 Biologi, Ilmu Hayat > 570.7 Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Pendidikan Eksakta (FEKSA) > Pendidikan Biologi
Depositing User: UNIMUDA Administrator Sorong
Date Deposited: 11 Jan 2025 12:52
Last Modified: 11 Jan 2025 12:52
URI: http://eprints.unimudasorong.ac.id/id/eprint/506

Actions (login required)

View Item
View Item