Kalilago, Dolvince (2024) Faktor Kecenderungan Status Gizi Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMP Muhammadiyah Aimas Kabupaten Sorong Provinsi Papua Barat Daya. S1 thesis, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong.
![[thumbnail of Dolvince Kalilago-148420519052..pdf]](http://eprints.unimudasorong.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Dolvince Kalilago-148420519052..pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini berjudul : Analisis Factor Kecendrungan Status Gizi Terhadap HasilBelajar Siswa Di Smp Muhammadiyah Aimas Kabupaten Sorong Provinsi PapuaBarat Daya, dibimbing oleh Nurul Alia Ulfa,M.Pd dan hidayatussakia, m.pd.pelaksanaannya dari tanggal 24 Juni sampai dengan 1 Juli 2024. Sesuai denganjudul penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan KecendrunganStatus Gizi Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Smp Muhammadiyah AimasKabupaten Sorong Provinsi Papua Barat Daya.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalahobservasional. Siswa Smp Muhammadiyah Aimas Kabupaten Sorong yangmenjadi sampel sebanyak 38 Orang dengan menggunakan teknik ProportionalSimple Random Sampling. Cara pengumpulan data yang dilakukan adalahmengambil ukuran-ukuran tinggi badan dan berat badan siswa SmpMuhammadiyah dan prestasi belajar diukur dengan menggunakan nilai raportsiswa. Analisis data untuk TB dan BB dengan Z-Skore, untuk mengetahui apakahada Hubungan antara Status Gizi dengan Prestasi Belajar menggunakan Uji datakualitatif dan kuantitatif.Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat status gizi yang baik belum tentumenghasilkan prestasi belajar yang baik karena pada kenyataannya banyak pulaorang memiliki status gizi kurang tetapi prestasi belajarnya baik karena prestasibelajar dipengaruhi oleh banyak faktor. Saran dari penulis yaitu perlunyapenyuluhan peningkatan status gizi anak agar terhindar dari masalah gizi kurangyang memungkinkan mempengaruhi prestasi belajar.
Item Type: | Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Factor Kecendrungan Status Gizi Terhadap Hasil Belajar Siswa |
Subjects: | 500 ILMU MURNI > 570 Biologi, Ilmu Hayat > 570.7 Pendidikan Biologi |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Eksakta (FEKSA) > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | UNIMUDA Administrator Sorong |
Date Deposited: | 11 Jan 2025 12:43 |
Last Modified: | 11 Jan 2025 12:43 |
URI: | http://eprints.unimudasorong.ac.id/id/eprint/504 |