Mokan, Siti Salma (2024) Pengaruh Model Learning Cycle 5e Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Materi Sistem Reproduksi Pada Manusia Kelas IX SMP Negeri 18 Raja Ampat. S1 thesis, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong.
![[thumbnail of Siti Salma Mokan - 148420520031.pdf]](http://eprints.unimudasorong.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Siti Salma Mokan - 148420520031.pdf
Download (6MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model learningcycle 5E terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Metode yang digunakan dalam penelitianini adalah metode quasi eksperimen dengan desain penelitian Pretest-Posttest Control GroupDesign. Subjek penelitian ini adalah 30 orang siswa yang terdiri dari 15 siswa untuk kelaseksperimen dan 15 siswa untuk kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes,tes yang digunakan berupa pernyataan angket respon siswa, berupa soal pilihan ganda, soalessay, observasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan, nilai rata-rata kelas A yaitu61,4 dan rata-ratakelas kontrol 41. Hasil penelitian terdapat perbedaan signifikan antara kelaseksperimen dan kelas kontrol, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruhpeningkatan berpikir kritis dengan menggunakan model pembelajaran learning cycle5Esiswa kelas IX SMP Negeri 18 Raja Ampat.
Item Type: | Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Learning Cycle 5E, Kemampuan Berpikir Kritis |
Subjects: | 500 ILMU MURNI > 570 Biologi, Ilmu Hayat > 570.7 Pendidikan Biologi |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Eksakta (FEKSA) > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | UNIMUDA Administrator Sorong |
Date Deposited: | 11 Jan 2025 12:36 |
Last Modified: | 11 Jan 2025 12:36 |
URI: | http://eprints.unimudasorong.ac.id/id/eprint/502 |