Wafom, Jeni Yorlina (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Ipa Kelas Vii Smp Negeri 11 Kabupaten Sorong. S1 thesis, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong.
![[thumbnail of Jeni Yorlina wafom-148420520003.pdf]](http://eprints.unimudasorong.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Jeni Yorlina wafom-148420520003.pdf
Download (3MB)
Abstract
Tujuan penelitian adalah mengetahui pengarruh penerapan model pembelajaran problemsolving terhadap hasil belajar peserta didik terhadap pembelajaran IPA di SMP Negeri 11Kabupaten Sorong. Jenis dan desain adalah eksperimen, dilaksanakan 16-31 Juli 2024, diSMP Negeri 11 Kabupaten Sorong. Jumlah peserta didik dalam penelitian 28 siswa. Teknikpengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan wawancara. Teknik analisisdata digunakan adalah Uji Normalitas, Uji N-Gain. Dan Uji t one sampel t-test. Hasilpenelitian menunjukkan bahwa uji Normalitas dengan pretes 40 bersignifikan 167 denganpostes bersignifikan 007. Uji N-Gain diperoleh nilai minimum 10 maksimal 54, Mean 0528,standar devisi 16102. Uji t one sampel t-tes diperoleh 1,83% dan berada pada kategori baikdengan nilai rata-rata 70,67% dan kategori ketuntasan hasil belajar 90%. Maka Ha diterimadan Ho ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh penerapan modelpembelajaran problem solving hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 11 Kabupatensorong.
Item Type: | Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengaruh, Model Pembelajaran. Problem Solving. |
Subjects: | 500 ILMU MURNI > 570 Biologi, Ilmu Hayat > 570.7 Pendidikan Biologi |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Eksakta (FEKSA) > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | UNIMUDA Administrator Sorong |
Date Deposited: | 11 Jan 2025 12:20 |
Last Modified: | 11 Jan 2025 12:20 |
URI: | http://eprints.unimudasorong.ac.id/id/eprint/499 |