Penerapan Strategi Pembelajaran Literasi Baca Tulis Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas II di SD YPK Seget

Pomana, Siti Hapsa (2024) Penerapan Strategi Pembelajaran Literasi Baca Tulis Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas II di SD YPK Seget. S1 thesis, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong.

[thumbnail of SITI HAPSA POMANA- RPL 22286206011.pdf] Text
SITI HAPSA POMANA- RPL 22286206011.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Bahasa memiliki peran sentral dalam perkembangan intelektual,sosial, danemosional peserta didik dan merupakan penunjang keberhasilan dalammempelajari semua bidang studi. Pembelajaran bahasa diharapkan membantupeserta didik mengenal dirinya, budayanya, dan budaya orang lain,mengemukakan gagasan dan perasaan, berpartisipasi dalam masyarakat yangmenggunakan bahasa tersebut, dan menemukan serta menemukan kemampuananalisis dan imaginative yang ada dalam dirinya. Tujuan penelitian adalah untukmeningkatkan kemampuan membaca dan menulis melalui penggunaan mediapembelajaran kartu bergambar pada siswa kelas III SD YPK Seget. Penelitian inimenggunakan rancangan penelitian tindakan kelas, penelitian tindakan kelasmerupakan salah satu bentuk penelitian yang bersifat reflektif dengan melakukantindakan-tindakan tertentu agar dapat memperbaiki dan atau meningkatkanprektik-praktik pembelajaran di kelas secara lebih profesional. Subjek penelitianadalah siswa kelas III Penerapan Strategi Pembelajaran Literasi Baca Tulis UntukMeningkatkan Hasil Belajar Siswa III di SD YPK Seget Kabupaten Sorong.Berdasarkan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dapat disimpulkan bahwamelalui penerapan strategi pembelajaran literasi baca tulis untuk meningkatkanhasil belajar Bahasa Indonesia materi tema 7 Perkembangan Teknologi siswa IIIdi SD YPK Seget Kabupaten Sorong Semester II. Hal tersebut dibuktikan denganpeningkatan hasil belajar siswa pada setiap siklus pelajaran dengan kriteriaketuntasan minimum (KKM) 70, siklus I yang tuntas belajar 6 siswa atau 40%siswa yang telah mencapai kriteria ketuntasan minimum dengan nilai rata-rata62,87. Sedangkan siklus II mengalami peningkatan, 13 siswa tuntas belajar atau86,67% siswa telah mencapai kriteria ketuntasan minimum dengan nilai rata-rata82,67. Oleh karena itu penelitian dinyatakan berhasil.

Item Type: Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (S1)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran Literasi Baca Tulis, Hasil Belajar Siswa
Subjects: 300 ILMU SOSIAL > 372 Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa Sosial dan Olahraga (FABIO) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: UNIMUDA Administrator Sorong
Date Deposited: 09 Jan 2025 12:11
Last Modified: 09 Jan 2025 12:11
URI: http://eprints.unimudasorong.ac.id/id/eprint/478

Actions (login required)

View Item
View Item