Syufan, Rosila (2024) Pendekatan Metakognitif Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Siswa SD Inpres 16. S1 thesis, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong.
Rosila Syufan-148620619254.pdf
Download (2MB)
Abstract
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode yangdigunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu atau quasieksperimen. Sedangkan desain penelitian yang digunakan berbentuk desainpretest-posttest control group design, yaitu desain yang dilakukan terhadap duakelas subjek. Pada desain penelitian diberikan perlakuan pembelajaran denganmenggunakan strategi belajar metakognitif sebagai kelas eksperimen dan tidakada perlakuan untuk kelas kontrol. Dalam penelitian ini populasi penelitiannyaadalah seluruh siswa SD Inpres 16 Kabupaten Sorong yang terdaftar dalamsemester genap tahun pelajaran 2022/2023. Sedangkan sampel penelitian yaitusiswa kelas IVA (14 orang) sebagai kelas eksperimen dan kelas IVB (14 orang)sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalahpurposive sampling. Hasil Penelitian sebanyak 14 orang siswa pada kelaseksperimen dinyatakan tuntas KKM (>70) dengan rata-rata 88,15, sedangkankelas kontrol yang menggunakan metode konvensional terdapat 14 siswa yangtuntas KKM (>70) dengan rata-rata 80,86. Sehingga selisih perbedaan antarakelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar 7,9. Maka dapat disimpulkan bahwaterdapat peningkatan hasil belajar dalam menggunakan pendekatan belajarmetakognitif.
Item Type: | Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendekatan Metakognitif, Hasil belajar, Siswa |
Subjects: | 300 ILMU SOSIAL > 372 Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa Sosial dan Olahraga (FABIO) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | UNIMUDA Administrator Sorong |
Date Deposited: | 09 Jan 2025 12:01 |
Last Modified: | 09 Jan 2025 12:01 |
URI: | http://eprints.unimudasorong.ac.id/id/eprint/477 |