Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV pada Mata Pelajaran IPAS di SD Inpres 12 kabupaten Sorong

Way, Juliani (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV pada Mata Pelajaran IPAS di SD Inpres 12 kabupaten Sorong. S1 thesis, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong.

[thumbnail of Juliani Way -148620619019.pdf] Text
Juliani Way -148620619019.pdf

Download (2MB)

Abstract

Jenis Penelitian ini yaitu, Penelitian Kuantitatif. Penelitian ini bertujuanuntuk mengetahui: (1) Media Kartu Huruf yang diterapkan oleh Peneliti terhadapsiswa; (2) Kemampuan membaca permulaan siswa pada semua mata pelajaran.Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 5 Agustus sampai dengan tanggal 14September 2024, di SD Negeri 7 Aitinyo Kabupaten Maybrat, metode yangdigunakan dalam penelitian itu adalah metode kartu huruf, yaitu melihat bentukhubungan antar variabel yang diteliti. Adapun variabel yang diteliti adalah mediakartu huruf dan kemampuan membaca permulaan siswa kelas II SD. Subjekpenelitian adalah siswa kelas II SD Negeri 7 Aitinyo Kabupaten MaybratInstrumen yang dipergunakan untuk memperoleh data adalah denganmenggunakan angket. Pengelolahan data dari angket dilakukan denganmenganalisis korelasi Product moment sesuai dengan variabel yang diteliti padapenelitian yaitu, variabel pola asuh (X) dan kemampuan membaca permulaansiswa (Y). Hasil penelitian dengan menggunakan korelasi product momentmenunjukan bahwa nilai "r" hitung -0,029, sedangkan hipotesisa Nol (Ho) ditolak.Jadi dapat disimpulkan terdapat Penguruh penggunaan media kartu huruf dankemampuan membaca permulaan siswa kelas II SD Negeri 7 Aitinyo KabupatenMaybrat.

Item Type: Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (S1)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Membaca Permulaan Dan Penggunaan Media Kartu Huruf Bergambar
Subjects: 300 ILMU SOSIAL > 372 Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa Sosial dan Olahraga (FABIO) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: UNIMUDA Administrator Sorong
Date Deposited: 09 Jan 2025 11:50
Last Modified: 11 Jan 2025 10:25
URI: http://eprints.unimudasorong.ac.id/id/eprint/476

Actions (login required)

View Item
View Item