Pemanfaatan Pojok Literasi dalam Menumbuhkan Minat Baca Siswa Kelas IV-B Madrasah Ibtidaiyah Negeri Sorong.

Rismawati, Rismawati (2024) Pemanfaatan Pojok Literasi dalam Menumbuhkan Minat Baca Siswa Kelas IV-B Madrasah Ibtidaiyah Negeri Sorong. S1 thesis, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong.

[thumbnail of Rismawati-148620620060.pdf] Text
Rismawati-148620620060.pdf

Download (8MB)

Abstract

Pemanfaatan pojok literasi dalam meningkatkan minat baca siswa adalah sebuahprogam krusial yang perlu dijalankan oleh sekolah dalam memanfaatkan pojokliterasi guna menumbuhkan minat baca siswa. Oleh sebab itu, ketertarikan untukmembaca dapat diperkuat lebih lanjud jika didukung dengan adanya programpojok literasi didalam kelas, tentu ini sangat diharapkan untuk mendapatkan hasilyang baik terutama untuk menumbuhkan minat baca siswa. Penelitian inibertujuan untuk mengetahui ‘’pemanfaatan pojok literasi dalam menumbuhkanminat baca siswa kelas IV-B Madrasah Ibtidaiyah Negeri Sorong’’. Studi inimenerapkan metode deskripsi dengan metode kualitatif. Subjek dalam penelitianini terdiri dari kepala sekolah, Wali guru kelas IV-B dan siswa kelas IV-B.Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah Angket,Wawancara dan Observasi. Manfaat tersebut yaitu: 1) sebagai kegiatanmenumbuhkan minat baca. 2) Sebagai tempat membaca terdekat, dan 3) sebagaitempat mengisi waktu luang, Selain itu Hasil angket menunjukan persentase nilairata-rata keseluruhan yang diperoleh adalah 83,5 termasuk dalam kategori sangatkuat. Secara keseluruhan bahwa hasil angket minat baca dengan memanfaatkan pojokliterasi adalah sangat kuat.

Item Type: Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (S1)
Uncontrolled Keywords: Pemanfatan Pojok Baca, Minat Baca
Subjects: 300 ILMU SOSIAL > 372 Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa Sosial dan Olahraga (FABIO) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: UNIMUDA Administrator Sorong
Date Deposited: 09 Jan 2025 11:24
Last Modified: 09 Jan 2025 11:24
URI: http://eprints.unimudasorong.ac.id/id/eprint/475

Actions (login required)

View Item
View Item