Hawa, Derlin Dg, (2024) Analisis Kandungan Nilai Karakter Pada Buku Teks Pendidikan Pcancasila Pegangan Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. S1 thesis, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong.
![[thumbnail of Derling Dg, Hawa-148620620018.pdf]](http://eprints.unimudasorong.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Derling Dg, Hawa-148620620018.pdf
Download (1MB)
Abstract
Metode penelitian yang digunakan Jenis pendekatan adalah pendekatankepustakaan (Library research) dengan menggunakan metode content analysis(analisis isi). Data pada penelitian ini berupa isi buku siswa kelas kelas IV bab 1Kurikulum Merdeka yang berjudul “Mengenal Lingkungan Sekitar” yang memuatnilai-nilai pendidikan karakter. Sumber data dalam penelitian ini adalah bukusiswa kelas IV pada tema “Mengenal Lingkungan Sekitar”. Hasil penelitianmenunjukkan: Buku siswa kelas IV bab 1 Kurikulum Merdeka yang berjudul“Mengenal Lingkungan Sekitar” terdiri dari “Identitas Masyarakat di LingkunganTempat Tinggalku”, “Menghargai Perbedaan”, dan “Perangkat Desa danKelurahan”., dan terakhir “Menjelajah Lingkungan Tempat Tinggalku”. Penelitimendapatkan hasil bahwa terdapat karakter yang muncul pada bab 1 diurutkandari yang frekuensi tertinggi kemunculannya hingga yang terendah yaitu karaktergotong royong 40%, tertinggi ke II adalah nilai karakter kreatif dengan 35%, nilaikarakter mandiri 25%, Nilai karakter kebhinekaan global 20%, dan selanjutnyanilai karakter bertaqwa dan nilai karakter kritis memiliki nilai karakter 10%.
Item Type: | Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Karakter, Buku Teks dan Kurikulum Merdeka |
Subjects: | 300 ILMU SOSIAL > 372 Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa Sosial dan Olahraga (FABIO) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | UNIMUDA Administrator Sorong |
Date Deposited: | 09 Jan 2025 10:35 |
Last Modified: | 09 Jan 2025 10:35 |
URI: | http://eprints.unimudasorong.ac.id/id/eprint/472 |