Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Berbasis Saintifik Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas IV Siswa SD Inpres 13 Kabupaten Sorong

Fakdawer, Yani Rinusa (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Berbasis Saintifik Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas IV Siswa SD Inpres 13 Kabupaten Sorong. S1 thesis, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong.

[thumbnail of Yani Rinusa Fakdawer-14862061823.pdf] Text
Yani Rinusa Fakdawer-14862061823.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kontekstualberbasis saintifik terhadap hasil belajar IPA kelas IV siswa SD Inpres 13 KabupatenSorong. Penelitian ini merupakan penelitian pre-exsperimental design denganmenggunakan desain penelitian One-Group Pretest-Posttest Design. Variabel bebasdalam penelitian ini adalah pengaruh kontekstual berbasis saintifik sedangkan variabelterikatnya adalah hasil belajar IPA kelas IV siswa SD Inpres 13 Kabupaten Sorong.Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Inpres 13 Kabupaten Sorong. Teknikpengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar (pretest-posttest). Teknikanalisis data terdiri dari 2 tahap yaitu tahap uji normalitas, dan tahap uji hipotesis. Hasiluji reliabilitas butir instrumen pretest di peroleh 0.609 dan posttest di peroleh 0.720.Dari analisis data di peroleh uji normalitas dari data pretest 0.813 > 0.05 dan posttest0.354 > 0.05, maka data tersebut di peroleh data normal. Hasil uji one sample test daridata posttest di peroleh nilai t-hitung > t-tabel (37.785 > 2.064), dengan besar taraf Sig(2-tailed) 0.000 < 0.05 sehingga dapat disimpulkan H1 diterima dan H0 ditolak. Dariperhitungan analisis data sehingga dapat di tarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruhmodel pembelajaran kontekstual berbasis saintifik terhadap hasil belajar IPA kelas IVsiswa SD Inpres 13 Kabupaten Sorong.

Item Type: Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (S1)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kontekstual, Pembelajaran Berbasis Saintifik, Hasil Belajar IPA.
Subjects: 300 ILMU SOSIAL > 372 Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa Sosial dan Olahraga (FABIO) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: UNIMUDA Administrator Sorong
Date Deposited: 09 Jan 2025 10:29
Last Modified: 09 Jan 2025 10:29
URI: http://eprints.unimudasorong.ac.id/id/eprint/471

Actions (login required)

View Item
View Item