Tuzzahrah, Alya Raudya (2024) Keefektifan Model Pembelajaran Poe (Predict-Observe-Explain) Pada Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas V SD Negeri 2 Kota Sorong. S1 thesis, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong.
Alya Raudya Tuzzahrah-148620620007.pdf
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran POE (predict-observe-explain) pada hasil belajar IPAS siswa kelas V SD Negeri 2 Kota Sorong. Penelitianyang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan desainpenelitian one-group pre-test post-test. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik darikelas 5B yang berjumlah 25 peserta didik. Instrument pengumpulan data yang digunakan dalampenelitian ini adalah observasi dan tes performance (Pre-test dan pos-test). Teknik analisis dataterdiri dari tiga tahap yaitu tahap desktiptif data, tahap uji reliabilitas, tahap uji normalitas dantahap uji hipotesis. Hasil uji reliabilitas butir instrument diperoleh Pre-test 0,603 dan Post-tes0,882. Dari uji analisis data diperoleh uji normalitas Shapiro-wilk dari data pre-test 0,59 > 0,05data post-tes 0,706 > 0,05. Maka dari data tersebut deperoleh data normal. Hasil uji hipotesisdiperoleh nilai 0,001 < 0,005. Maka Ha diterima dan He di tolak. Maka dapat ditarikkesimpulan bahwa terdapat keefektifan model pembelajaran POE (predict-observe-explain)pada hasil belajar IPAS siswa kelas V SD Negeri 2 Kota Sorong.
Item Type: | Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (S1) |
---|---|
Subjects: | 300 ILMU SOSIAL > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa Sosial dan Olahraga (FABIO) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | UNIMUDA Administrator Sorong |
Date Deposited: | 09 Jan 2025 10:22 |
Last Modified: | 09 Jan 2025 10:22 |
URI: | http://eprints.unimudasorong.ac.id/id/eprint/470 |