Keefektifan Model Pembelajaran Poe (Predict-Observe-Explain) Pada Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas V SD Negeri 2 Kota Sorong.

Tuzzahrah, Alya Raudya (2024) Keefektifan Model Pembelajaran Poe (Predict-Observe-Explain) Pada Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas V SD Negeri 2 Kota Sorong. S1 thesis, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong.

[thumbnail of Alya Raudya Tuzzahrah-148620620007.pdf] Text
Alya Raudya Tuzzahrah-148620620007.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran POE (predict-observe-explain) pada hasil belajar IPAS siswa kelas V SD Negeri 2 Kota Sorong. Penelitianyang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan desainpenelitian one-group pre-test post-test. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik darikelas 5B yang berjumlah 25 peserta didik. Instrument pengumpulan data yang digunakan dalampenelitian ini adalah observasi dan tes performance (Pre-test dan pos-test). Teknik analisis dataterdiri dari tiga tahap yaitu tahap desktiptif data, tahap uji reliabilitas, tahap uji normalitas dantahap uji hipotesis. Hasil uji reliabilitas butir instrument diperoleh Pre-test 0,603 dan Post-tes0,882. Dari uji analisis data diperoleh uji normalitas Shapiro-wilk dari data pre-test 0,59 > 0,05data post-tes 0,706 > 0,05. Maka dari data tersebut deperoleh data normal. Hasil uji hipotesisdiperoleh nilai 0,001 < 0,005. Maka Ha diterima dan He di tolak. Maka dapat ditarikkesimpulan bahwa terdapat keefektifan model pembelajaran POE (predict-observe-explain)pada hasil belajar IPAS siswa kelas V SD Negeri 2 Kota Sorong.

Item Type: Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (S1)
Subjects: 300 ILMU SOSIAL > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa Sosial dan Olahraga (FABIO) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: UNIMUDA Administrator Sorong
Date Deposited: 09 Jan 2025 10:22
Last Modified: 09 Jan 2025 10:22
URI: http://eprints.unimudasorong.ac.id/id/eprint/470

Actions (login required)

View Item
View Item