Bless, Maria Ella (2024) Pengaruh Metode Pembelajaran Role Playing Terhadap Hasil Belajar IPAS Peserta Dididk Kelas IV SD Inpres 48 Kabupaten Sorong. S1 thesis, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong.
Maria Ella Bless-148620620136.pdf
Restricted to Registered users only
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk melihat pengaruh metode RolePlaying terhadap hasil belajar IPAS peserta didik Kelas IV di SD Inpres 48Kabupaten Sorong. Pada penelitian ini, yang digunakan adalah penelitiankuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dengan desain Pre-ExsperimentalDesign yaitu penelitian yang hanya menggunakan satu kelompok eksperimen dantidak memiliki kelompok kontrol. Populasi pada penelitian ini adalah seluruhpeserta didik SD Inpres 48 kabupaten sorong yang berjumlah 142 peserta didik,dengan sampel kelas IV yang berjumlah 23 peserta didik. Penelitian inimenggunakan teknik tes dengan instrument yang digunakan yaitu Modulajar/RPP, soal posttest dan pretest, dan naskah drama role playing. Data yangdiperoleh pada penelitian ini diuji kevalidannya dengan menggunakan ExpertJudgement dosen unimuda sorong. Hasil data yang diperoleh menggunakan hasildeskripsi statistik pretest dan posttest. Dari analisis data diperoleh uji normalitasShapiro wilk yaitu 0,231 untuk pretest dan 0,253 untuk posttest. Jika nilaisignifikan > 0,05 maka data tersebut dinyatakan berdistribusi normal. Hasil datauji N-Gain menunjukan bahwa persentasi nilai mean N-Gain skore adalah 0,539dan nilai tersebut berada pada rentang nilai 0,30<N-Gain<0,70, termasuk dalamkriteria nilai sedang. Hasil data uji one sampel t-test menunjukan bahwa nilai Tyaitu 87.241 dengan df yaitu 22. Berdasarkan kriteria, jika p-value < a (0,05),87.241 > 2,074 maka H1 diterima Ho ditolak. Dari penjelasan tersebut, maka p-value yaitu 0,001 < a(0,05), maka HO ditolak dan H1 diterima. Dengan begitudapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode role playing terhadap hasilbelajar IPAS peserta didik kelas IV SD Inpres 48 kabupaten sorong.
Item Type: | Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Role Playing, hasil belajar IPAS |
Subjects: | 300 ILMU SOSIAL > 372 Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa Sosial dan Olahraga (FABIO) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | UNIMUDA Administrator Sorong |
Date Deposited: | 09 Jan 2025 10:17 |
Last Modified: | 09 Jan 2025 10:17 |
URI: | http://eprints.unimudasorong.ac.id/id/eprint/469 |