Pengaruh Media Realia Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas 4 SD Inpres 18 Kabupaten Sorong.

Yaam, Yulianti Martina (2024) Pengaruh Media Realia Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas 4 SD Inpres 18 Kabupaten Sorong. S1 thesis, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong.

[thumbnail of Yulianti Martina Yaam-148620620079.pdf] Text
Yulianti Martina Yaam-148620620079.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini yakni untuk mengetahui pengaruh pengunaan media realiaterhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas 4. Penelitian dilakukan di SD Inpres18 Kabupaten Sorong, Tahun Ajaran 2024/2025. Metode yang digunakan padapenelitian ini yaitu pre-eksperimental. Dengan desain penelitian adalah penelitianeksperimen kuantitatif. Sampel peneltian ini yaitu seluruh siswa 4 A berjumlah 30siswa. Instrument yang digunakan yaitu lembar observasi guru dan siswa, sertasoal tes dalam bentuk pilihan ganda. Data menunjukan rata-rata skor observasiguru dan siswa sebesar 100% dengan kriteria sangat baik. hasil analisis ketuntasanbelajar pada nilai rata-rata pretest 4,46 dan posttest 6,69. Uji normalitas diperolehdari hasil belajar siswa kelas IV A memiliki taraf signifikansi 0,35 0.05. dan hasilbelajar posttest siswa memiliki taraf signifikansi 0,350.05 sebagai kelasberdidtribusi normal. sehingga dapat disimpulkan bahwa data penelitian inimemiliki varian yang sama. Uji homogenitas menunjukkan data varian bersifathomogeny dilihat dari nilai varian pretest sebesar 0.422764 lebih besar dari nilaisignifikansi 0.05. Sedangkan nilai varian posttest sebesar 0.495695 lebih besardari nilai signifikansi 0.05 sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil data ujihomogensitas yang diperoleh bersifat homogen. Selanjutnya dilakukan uji N-Gainyang diperoleh hasil rata-rata pretest sebesar 0.45 sedangkan rata-rata posttestsebesar 7.50 sehingga nilai N-Gainnya yang diperoleh adalah 0,52 dan masukdalam kategori sedang dengan tingkat efektivitas yang cukup efektif. Hasilpeneitian menggunakan media realia terhadap hasil belajar siswa diperoleh hasilThitung 0,46 Ttabel 2,26 dengan nilai signifikansinya α 0,05. artinya data yangdiperoleh berdistribusi normal sehingga hipotesisis Ho diterima artinya varianhomogeny. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan media realia terhadap hasilbelajar siswa pada mata pelajaran IPA lebih menarik dan lebih efektif sehinggahasil belajar siswa dapat meningkat.

Item Type: Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (S1)
Uncontrolled Keywords: Media Realia, Hasil Belajar
Subjects: 300 ILMU SOSIAL > 372 Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa Sosial dan Olahraga (FABIO) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: UNIMUDA Administrator Sorong
Date Deposited: 09 Jan 2025 10:10
Last Modified: 09 Jan 2025 10:10
URI: http://eprints.unimudasorong.ac.id/id/eprint/468

Actions (login required)

View Item
View Item