Hubungan Bimbingan Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SD Inpres 1 Kabupaten Sorong

Sambara, Marsela (2024) Hubungan Bimbingan Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SD Inpres 1 Kabupaten Sorong. S1 thesis, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong.

[thumbnail of Marsela Sambara-148620620044.pdf] Text
Marsela Sambara-148620620044.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan bimbingan orang tuaterhadap motivasi belajar siswa kelas IV pada SD Inpres 1 Kabupaten Sorong,Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif korelasi,dengan Populasi penelitian adalah seluruh siswa/i kelas IV yang bersekolah di SD Inpres1 Kabupaten Sorong, menggunakan teknik sampling jenuh sehingga sampel yangdigunakan dalam penelitian ini adalah keseluruhan dari populasi yaitu 33 siswa/i kelas IVSD Inpres 1 Kabupaten Sorong. data penelitian ini diperoleh dari kuesioner (primer),observasi lapangan, serta wawancara langsung dengan pihak terkait. Instrumentpenelitian menggunakan uji validitas dan uji korelasi. Temuan penelitian inimenunjukan bahwa nilai korelasi parsial antara bimbingan orang tua terhadapmotivasi belajar anak yaitu sebesar 0,743 dalam kategori kuat dan nilai signifikansisebesar 0,000 < 0,05. Hal ini menunjukkan adanya hubungan postif yang signifikanantara bimbingan orang tua terhadap motivasi belajar anak artinya semakin tinggibimbingan orang tua maka semakin tinggi motivasi belajar anak.

Item Type: Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (S1)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Orang Tua, Motivasi Belajar
Subjects: 300 ILMU SOSIAL > 372 Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa Sosial dan Olahraga (FABIO) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: UNIMUDA Administrator Sorong
Date Deposited: 09 Jan 2025 10:06
Last Modified: 09 Jan 2025 10:06
URI: http://eprints.unimudasorong.ac.id/id/eprint/467

Actions (login required)

View Item
View Item