Ajamsaru, Ramses Hiskia (2024) Analisis Strategi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas III SD N 35 Kimindores Distrik Waisai Kota Kabupaten Raja Ampat. S1 thesis, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong.
![[thumbnail of Ramses Hiskia Ajamsaru-148620620182.pdf]](http://eprints.unimudasorong.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Ramses Hiskia Ajamsaru-148620620182.pdf
Download (2MB)
Abstract
Dalam pembelajaran bahasa, gaya belajar (learning style) dan strategi belajar bahasa(language learning strategy) adalah dua faktor utama yang menentukan bagaimana danseberapa baik pembelajar menguasai bahasa kedua atau asing (Oxford, 2003). Gayabelajar dalam hal ini berbeda dengan strategi belajar bahasa. Tujuan dari penelitian iniuntuk menganalisis strategi belajar bahasa Indonesia Siswa Kelas 3 SD N 35Kimindores Distrik Waisai Kota Kabupaten Raja Ampat.Sesuai dengan masalah penelitian dan tujuan yang ingin dicapai, maka penelitianini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan konten analisis.Metode deskriptif adalah metode pencarian fakta dengan menginter prestasi yang tepat.Penelitian deskriptif mempelajari masah-masalah dalam masyarakat, tata cara yangberlaku tentang hubungan, kegiatan, sikap, pandangan serta proses yang sedangberlangsung. Penelitian ini di lakukan di SD N 35 Kimindores Distrik Waisai KotaKabupaten Raja Ampat, Semua data yang berhasil dikumpulkan dan dianalisis dari segikonten yang berupa pernyataan dari responden dan informan digambarkan dalam bentuknarasi, baik secara tertulis dalam bentuk kuesioner maupun pernyataan lisan,Dokumentasi Digunakan oleh peniliti untuk mengumpulkan data berupa hasil strategibelajar bahasa siswa. Sedangkan di dalam pembahasanya di gunakan Metode deskriptifmetode pencarian fakta,Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, disimpulkan bahwa ke enam strategipembelajaran yaitu strategi Memory, kongnitif, kompensansi, metakognitif, afektif dansosial terutama strategi metakognitif memberikan dampak positif kepada siswa kelas IIISDN 35 Kimindores Distrik Waisai Kota Kabupaten Raja Ampat dan dari ke enamstrategi tersebut jumlah strategi yang paling tinggi adalah strategi metakognitif Dimanasiswa dapat dengan cepat memperhatikan kesalahan-kesalahan dalam belajar, dapatmemperhatikan guru atau teman kelas ketika berbicara atau menjelaskan setiap sub-tema dengan benar, mencari tahu bagaimana menjadi pembelajar Bahasa Indonesiayang lebih baik, membuat jadwal belajar sehingga siswa mempunya waktu yang cukupuntuk belajar, siswa dapat mencari teman agar bisa belajar Bahasa Indonesia bersama-sama dan mencari kesempatan sebanyak mungkin untuk berlatih membaca bacaanpelajaran Bahasa Indonesia serta memperhatikan hasil belajar Bahasa Indonesia setiapselesai latihan harian atau ulangan semester. Dari hasil di atas ini menunjukan bahwaHa diterima dan H0 ditolak artinya Adanya strategi belajar bahasa yang digunakan olehsiswa kelas III SD N Negeri 35 Kimindores Distrik Waisai Kota Kabupaten RajaAmpat.
Item Type: | Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | strategi belajar bahasa indonesia |
Subjects: | 300 ILMU SOSIAL > 372 Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa Sosial dan Olahraga (FABIO) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | UNIMUDA Administrator Sorong |
Date Deposited: | 09 Jan 2025 10:01 |
Last Modified: | 09 Jan 2025 10:01 |
URI: | http://eprints.unimudasorong.ac.id/id/eprint/466 |