Pakaya, Suci Ramadayanti T (2024) Pengaruh Media Pembelajaran Kartu Suku Kata Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Peserta Didik Kelas I di SD Inpres 16 Kabupaten Sorong. S1 thesis, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong.
Suci Ramadayanti T. Pakaya-148620620070.pdf
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran kartu sukukata terhadap kemampuan membaca permulaan peserta didik kelas I SD Inpres 16Kabupaten Sorong. Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitiankuantitatif dengan menggunakan desain penelitian one-group pre-test post-test.Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik dari kelas 1A yang berjumlah 38peserta didik. Instrument pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian iniadalah observasi dan tes performance (Pre-Test dan Post-Test). Teknik analisis dataterdiri dari tiga tahap yaitu tahap deskriptif data, tahap uji reliabilitas, tahap ujinormalitas dan tahap uji T-test. Hasil uji reliabilitas butir instrument diperoleh Pre-test0,856 dan Post-test 0,882. Dari uji analisis data diperoleh uji normalitas Shapiro-wilkdari data pretest 0,580 > 0,05, data posttest 0,099 > 0,05. Maka dari data tersebutdiperoleh data normal. Hasil uji t-test diperoleh nilai 0,001 < 0,005. Maka Ha diterimadan Ho di tolak. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh antarapenerapan media kartu suku kata terhadap kemampuan membaca permulaan pesertadidik kelas I SD Inpres 16 Kabupaten Sorong.
Item Type: | Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Kartu Suku Kata, Kemampuan Membaca Permulaan |
Subjects: | 300 ILMU SOSIAL > 372 Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa Sosial dan Olahraga (FABIO) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | UNIMUDA Administrator Sorong |
Date Deposited: | 08 Jan 2025 12:24 |
Last Modified: | 08 Jan 2025 12:25 |
URI: | http://eprints.unimudasorong.ac.id/id/eprint/465 |