Friskila, Natalia (2024) Pengaruh Media Kartu Kata Bergambar Terhadapa Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas II di SD Negeri 21 Kabupaten Sorong. S1 thesis, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong.
Natalia Friskila - 148620621247.pdf
Download (10MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Media Kartu Kata BergambarTerhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas II Di SD Negeri 21Kabupaten Sorong. Penelitian ini merupakan Pre-Exprimental Design. Variabelbebas dalam penelitian ini adalah Pengaruh penggunaan media kartu katabergambar sedangkan variabel terikatnya adalah kemampuan membaca permulaansiswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 14 siswa. Instrumen pengumpulandata yang digunakan adalah tes performance dan observasi kegiatan prosespembelajaran. Teknik analisis data terdiri dari empat tahap yaitu, tahap ujivaliditas, uji Reliabilitas, uji normalitas dan uji hipotesis. Hasil uji Reliabilitasdiperoleh Cronbach’s Alpha sebesar 0,853 yang berarti Reliabilitas baik. Dari ujianalisis diperoleh uji normalitas Shapiro-wilk dari data pretets memilikisignifikansi 0,379 > 0,05 sedangkan posttest memiliki signifikansi 0,865 > 0,05.Uji hipotesis diperoleh sebesar 21.522 dengan dk = n – 1 (14-1 = 13)diperoleh sebesar 2.160 hasil sig 2(tailed) sebesar 0,000. Berdasarkan hasilnilai 0,000 lebih kecil dari 0,05 dimana 0,000 < 0,05 maka nilai sig diterimadan ditolak artinya ada pengaruh penggunaan media kartu kata bergambarterhadap kemampuan membaca permulaan siswa kelas II di SD Negeri 21Kabupaten Sorong.
Item Type: | Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Kartu Kata Bergambar, Kemampuan Membaca Permulaan |
Subjects: | 300 ILMU SOSIAL > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa Sosial dan Olahraga (FABIO) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | UNIMUDA Administrator Sorong |
Date Deposited: | 08 Jan 2025 12:15 |
Last Modified: | 08 Jan 2025 12:15 |
URI: | http://eprints.unimudasorong.ac.id/id/eprint/463 |