Pengaruh Media Kartu Huruf Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Kelas I SD Negeri 42 Kota Sorong Tahun Ajaran 2023/2024.

Bleskadit, Sara M (2024) Pengaruh Media Kartu Huruf Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Kelas I SD Negeri 42 Kota Sorong Tahun Ajaran 2023/2024. S1 thesis, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong.

[thumbnail of Sara M. Bleskadit-2286206005.pdf] Text
Sara M. Bleskadit-2286206005.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kemampuan membaca merupakan salah satu kemampuan yang harusdikembangkan pada usia dini. Kemampuan berbahasa memungkinkan manusiauntuk dapat saling berkomunikasi, baik itu mengkomunikasikan pikiran, perasaan,maupun sikap. Membaca permulaan merupakan salah satu aspek yang sangatmendasar agar kita dapat menambah pengetahuan pada jenjang selanjutnya.Membaca merupakan kegiatan untuk mendapatkan makna dari apa yang tertulisdalam teks Media Kartu Huruf adalah media pembelajaran dengan menggunakankertas yang berukuran tebal dan berbentuk persegi panjang yang ditulisi atauditandai dengan unsur abjad atau huruf tertentu. Tujuan penelitian ini adalahuntuk mendeskripsi Pengaruh Media Kartu Huruf Terhadap KemampuanMembaca Permulaan Kelas I SD Negeri 42 Kota Sorong Tahun Ajaran2023/2024.Jenis penelitian ini, merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakanmetode eksperimen. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialahone group pretest posttest design. Penelitian ini akan di laksanakan di kelas KelasI SD Negeri 42 Kota Sorong. Penelitian ini akan dilaksanakan pada bulan 04-08Maret 2024. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas I SD Negeri42 Kota Sorong yang berjumlah 20 siswa. Sampel yang digunakan pada penelitianini adalah siswa kelas I dengan jumlah sampel 20 orang siswa.Berdasarkan rumusan masalah yang diajukan dalam skripsi ini dan datahasil penelitian serta analisisnya, maka dapat ditarik kesimpulan bahwakemampuan membaca Permulaan postes menggunakan media kartu huruf di kelasI lebih tinggi dibanding dengan prettes tanpa menggunakan media kartu huruf.Berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan SPSS 21 pada di dapatkanhasil prettes memiliki mean 70, sedangkan hasil posttes memiliki mean 78,16 dan������ = 1,724 sedangkan �ℎ����� = 4.375. Sehingga �ℎ����� > ������ dan nilaisignifikansinya 0,00 < 0,05. Maka H0 ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwaada Pengaruh Media Kartu Huruf Terhadap Kemampuan Membaca PermulaanKelas I SD Negeri 42 Kota Sorong Tahun Ajaran 2023/2024.

Item Type: Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (S1)
Uncontrolled Keywords: Media Kartu Huruf, Kemampuan Membaca Permulaan
Subjects: 300 ILMU SOSIAL > 372 Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa Sosial dan Olahraga (FABIO) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: UNIMUDA Administrator Sorong
Date Deposited: 08 Jan 2025 12:01
Last Modified: 08 Jan 2025 12:01
URI: http://eprints.unimudasorong.ac.id/id/eprint/460

Actions (login required)

View Item
View Item