Nurhayati, Ahyat (2024) Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Ditinjau dari Pembelajaran Matematika di SMP Negeri 8 Kabupaten Sorong. S1 thesis, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong.
![[thumbnail of Ahyat Nurhayati-148420220009.pdf]](http://eprints.unimudasorong.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Ahyat Nurhayati-148420220009.pdf
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi kurikulum merdekabelajar yang ditinjau dari pembelajaran matematika di SMP Negeri 8 KabupatenSorong. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknikpengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan observasi lapangan. Subjekdalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru penggerak, waka kurikulum, danguru mata pelajaran matematika. Teknik analisis data yang digunakan adalah modelMiles dan Huberman. Hasil penelitian menyatakan bahwa SMP Negeri 8Kabupaten Sorong telah melakukan upaya yang signifikan dalammengimplementasikan Kurikulum Merdeka, khususnya pada mata pelajaranMatematika. Namun, implementasi yang diterapkan belum maksimal, karenapenerapan dan pelaksanaannya yang masih cukup baru sehingga dalampembelajaran masih pada tahap penyesuaian. Terdapat tantangan yang dihadapidiantaranya, Guru-guru membutuhkan pelatihan yang lebih intensif untukmemahami dan menerapkan perubahan-perubahan dalam kurikulum merdeka,peningkatan kemampuan literasi dan numerasi peserta didik, penggunaan strategiberdiferensiasi dalam pembelajaran dan implementasi asesmen yang barumenggunakan asesmen diagnostik dan formatif. sedangkan asesmen sumantifbelum dapat dilakukan karena belum memasuki akhir tahun pembelajaran.
Item Type: | Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Kurikulum Merdeka, Pembelajaran Matematika |
Subjects: | 500 ILMU MURNI > 510 Matematika > 510.7 Pendidikan Matematika |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Eksakta (FEKSA) > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | UNIMUDA Administrator Sorong |
Date Deposited: | 15 Nov 2024 11:33 |
Last Modified: | 15 Nov 2024 11:33 |
URI: | http://eprints.unimudasorong.ac.id/id/eprint/425 |