Pengaruh Model Pembelajaran Inklusi Sosial Berbasis Teori Abraham Harold Maslow Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika

Rahmawati, Lily (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Inklusi Sosial Berbasis Teori Abraham Harold Maslow Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika. S1 thesis, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong.

[thumbnail of TA-LILY RAHMAWATI-148420220027.pdf] Text
TA-LILY RAHMAWATI-148420220027.pdf - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inklusisosial berbasis teori Abraham Harold Maslow terhadap kemampuan pemahamankonsep matematika. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Pre-Experimentaldengan desain one grup pretest posttest desain. Populasi dalam penelitian iniadalah peserta didik kelas VIII MTs Negeri Kota Sorong yang terdiri dari 8 kelasdan diambil secara acak satu kelas sebagai sampel penelitian yaitu kelas VIII H.Instrumen penelitian meliputi observasi keterlaksanaan pembelajaran dan teshasil belajar peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan yaitumenggunakan uji normalitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menujukkanhasil peserta didik kelas VIII H MTs Negeri Kota Sorong sebelum adanyaperlakuan dengan nilai mean pretest 50,18 dan dengan sesudah diberikannyaperlakuan dengan nilai mean posttest 77,86. Dari hasil tersebut menunjukkanbahwa terdapat pengaruh model pembelajaran inklusi sosial berbasis teoriAbraham Harold Maslow terhadap kemampuan pemahaman konsep matematikapeserta didik di kelas VIII H MTs Negeri Kota Sorong

Item Type: Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (S1)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran inklusi sosial berbasis teori Maslow, pemahaman konsep.
Subjects: 500 ILMU MURNI > 510 Matematika > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Pendidikan Eksakta (FEKSA) > Pendidikan Matematika
Depositing User: UNIMUDA Administrator Sorong
Date Deposited: 05 May 2025 02:11
Last Modified: 05 May 2025 02:11
URI: http://eprints.unimudasorong.ac.id/id/eprint/424

Actions (login required)

View Item
View Item