Peran Guru Dalam Upaya Meningkatkan Keterampilan Dasar Membaca pada Siswa Kelas 1 SD Negeri Kwessefo Distrik Kwesefo Kabupaten Tambrauw

Yekwam, Elia (2024) Peran Guru Dalam Upaya Meningkatkan Keterampilan Dasar Membaca pada Siswa Kelas 1 SD Negeri Kwessefo Distrik Kwesefo Kabupaten Tambrauw. S1 thesis, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong.

[thumbnail of Elia Yekwam-148620620094.pdf] Text
Elia Yekwam-148620620094.pdf - Supplemental Material

Download (2MB)

Abstract

Guru berperan penting dalam pendidikan dan berpengaruh positif terhadapperkembangan generasi muda bangsa. Salah satu aspek penting dalam prosespembelajaran adalah membaca, yang menjadi sarana utama untuk mengasah rasaingin tahu anak. Keterampilan membaca yang baik biasanya berbanding lurus dengankemampuan anak dalam mengungkapkan pemikiran, perasaan, serta berinteraksidengan lingkungannya. Dengan demikian, guru melalui pembelajaran membaca, turutmembentuk karakter dan keterampilan sosial anak. Tujuan dari penelitian ini adalahuntuk mengetahui peran guru dalam upaya meningkatan keterampian dasar membacapada siswa kelas 1 SD Negeri Kwessefo Distrik Kwesefo, Kabupaten Tambrauwserta untuk mengetahui faktor-faktor apasajakah yang menghambat peran guru dalamupaya meningkatan keterampian dasar membaca pada siswa kelas 1 SD NegeriKwessefo Distrik Kwesefo, Kabupaten Tambrauw. Metode yang digunakan dalampenelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis pendekatan field reserarch.Teknik analisis data yang digunakan adalah Data Reduction (Reduksi Data), Display(Penyajian Data) dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru dalam meningkatkan keterampilandasar membaca pada siswa kelas 1 SD Negeri Kwessefo mencakup persiapan,pelaksanaan, evaluasi, dan peningkatan minat siswa. Guru bertanggung jawabmempersiapkan sarana, media, dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yangsesuai, serta melibatkan siswa dengan membawa buku bacaan. Dalam pelaksanaan,bimbingan diberikan di sekolah dan didukung oleh keterlibatan orang tua di rumah.Evaluasi dilakukan secara berkala dengan metode beragam untuk menilai pemahamansiswa. Hambatan yang muncul meliputi rendahnya minat belajar siswa, kurangnyadukungan dari orang tua, keterbatasan fasilitas sekolah, serta minimnya pelatihan guru.Solusi yang diusulkan adalah kolaborasi antara pihak sekolah, guru, orang tua, danmasyarakat untuk menciptakan lingkungan belajar yang mendukung literasi.

Item Type: Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (S1)
Uncontrolled Keywords: Peran Guru meningkatkan keterampilan membaca sisiwa
Subjects: 300 ILMU SOSIAL > 370 Pendidikan > 370.7 Pendidikan Ilmu Kependidikan > 370.72 Riset Penelitian Ilmu Pendidikan, Riset Penelitian Pendidikan
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa Sosial dan Olahraga (FABIO) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: UNIMUDA Administrator Sorong
Date Deposited: 25 Oct 2024 13:48
Last Modified: 25 Oct 2024 13:48
URI: http://eprints.unimudasorong.ac.id/id/eprint/410

Actions (login required)

View Item
View Item