Pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw terhadap Peningkatan Kemampuan Dribble Bola Basket pada Siswa SMP Negeri 7 Kota Sorong

Naa, Febelina Nelce (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw terhadap Peningkatan Kemampuan Dribble Bola Basket pada Siswa SMP Negeri 7 Kota Sorong. S1 thesis, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong.

[thumbnail of Febelina Nelce Naa -148520119064.pdf] Text
Febelina Nelce Naa -148520119064.pdf - Supplemental Material

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh modelpembelajaran jigsaw terhadap peningkatan kemampuan dribble bola basket pada siswaSMP Negeri 7 Kota Sorong. untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yangmempengaruhi peningkatan kemampuan siswa dalam menggiring/dribble bola basket.metode kuantitatif dengan jenis pendekatan deskritif. Sampel yang digunakan dalampenelitian ini sebanyak 20 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian iniadalah observasi, wawancara, penilaian, Penilaian kemampuan teknik dasar dribblebola basket, studi kepustakaan dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakanadalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas dan uji hipotesis.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ditemukan rata-rata hasil belajar pesertadidik meningkat dari 61,2 pada tes awal menjadi 71,2 pada tes akhir, denganpeningkatan rata-rata sebesar 10 poin. Uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapatpengaruh signifikan dari model pembelajaran jigsaw terhadap peningkatankemampuan dribble bola basket, dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 yang lebihkecil dari 0,05. Persentase peningkatan kemampuan peserta didik adalah sebesar16,34%. Hasil belajar yang diperoleh menunjukkan bahwa sebagian besar pesertadidik mengalami peningkatan yang signifikan, dengan peningkatan tertinggimencapai 40,48 poin. Namun, ada juga beberapa peserta didik yang tidak mengalamipeningkatan. Peningkatan tersebut disebabkan oleh metode pembelajaran jigsaw yangmelibatkan diskusi kelompok, memberi kesempatan peserta didik untuk memberikanjawaban yang benar, dan mendorong semangat kerja sama, sehingga membuat prosespembelajaran lebih menarik dan tidak membosankan.

Item Type: Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (S1)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Jigsaw, dribble bola basket
Subjects: 700 KESENIAN DAN REKREASI > 790 Olahraga, Permainan dan Pertunjukkan
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa Sosial dan Olahraga (FABIO) > Pendidikan Jasmani (PENJAS)
Depositing User: UNIMUDA Administrator Sorong
Date Deposited: 30 Sep 2024 01:22
Last Modified: 30 Sep 2024 01:22
URI: http://eprints.unimudasorong.ac.id/id/eprint/397

Actions (login required)

View Item
View Item