Pengharuh Pembelajaran Kontekstual Berbasis Pratikum Dalam Menunjang Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SD Inpres 18 Kabupaten Sorong

Sasior, Pilipina (2023) Pengharuh Pembelajaran Kontekstual Berbasis Pratikum Dalam Menunjang Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SD Inpres 18 Kabupaten Sorong. S1 thesis, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong.

[thumbnail of Pilipina Sasior-148620619037.pdf] Text
Pilipina Sasior-148620619037.pdf - Supplemental Material
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Berdasarkan observasi yang dilakukan di kelas IV SD Inpres 18Kabupaten Sorong ditemukan bahwa pembelajaran IPA yang dilaksanakan belummampu meningkatkan motivasi belajar siswa di dalam kelas.. Tujuan penelitianini adalah untuk mengetahui sejauh mana pengaruh pembelajaran kontekstualyang berbasis praktikum dalam menunjang motivasi belajar siswa di kelas IV ASD Inpres 18 Kabupaten Sorong. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif.Metode penelitian dengan eksperimen. Desain penelitian yang digunakan dalampenelitian ini adalah one-group pretest-posttest design. Penelitian ini akandilaksanakan di SD Inpres 18 Kabupaten Sorong. Populasi dalam penelitian iniadalah siswa SD Inpres 18 Kabupaten Sorong. Sampel yang digunakan dalampenelitian ini adalah siswa kelas IV A dengan jumlah 20 siswa, teknikpengumpulan data dalam penelitian ini berupa observasi,angket dan dokumentasi.Berdasarkan hasil analisis uji t (paired sample t-test) maka dapat diperolah hasilbahwa thitung lebih besar dari ttabel yaitu 15.340 > 1.729 dan Sig.(2 tailed) = 0.000< 0.6, maka Ha diterima dan HO di tolak. Jadi dapat disimpulkan pembelajarankontekstual berbasis pratikum terbukti memiliki pengharuh yang signifikanterhadap motivasi belajar siswa di kelas IV SD Inpres 18 Kabupaten Sorong

Item Type: Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (S1)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Kontekstual, Motivasi belajar, Pratikum
Subjects: 300 ILMU SOSIAL > 370 Pendidikan > 370.7 Pendidikan Ilmu Kependidikan > 370.72 Riset Penelitian Ilmu Pendidikan, Riset Penelitian Pendidikan
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa Sosial dan Olahraga (FABIO) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: UNIMUDA Administrator Sorong
Date Deposited: 29 Sep 2024 10:40
Last Modified: 29 Sep 2024 10:40
URI: http://eprints.unimudasorong.ac.id/id/eprint/392

Actions (login required)

View Item
View Item