Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri 21 Kabupaten Sorong

Riny, Ritaliana Nona (2024) Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri 21 Kabupaten Sorong. S1 thesis, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong.

[thumbnail of Ritaliana Nona Riny-148620620114..pdf] Text
Ritaliana Nona Riny-148620620114..pdf - Supplemental Material

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Problem BasedLearning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri21 Kabupaten Sorong. Penelitian ini merupakan Pre-Experimental Design.Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model Problem Based Learning (PBL)sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar siswa. Sampel dalam penelitianini berjumlah 14 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tespretest dan posttest dan lembar observasi kegiatan proses pembelajaran. Teknikanalisis data terdiri dari tahap uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas dan ujihipotesis. Hasil uji reliabilitas diperoleh Cronbach’s Alpha instrumen pretesdiperoleh 0,664 dan hasil instrumen posttest diperoleh 0,709 yang berartireliabilitas baik. Uji normalitas hasil belajar pretest siswa kelas IV memilikisignifikan 0,062 > 0,05 sedangkan posttest memiliki signifikan 0,114 > 0,05. Ujihipotesis diperoleh Thitung sebesar 16.141 dengan dk = n – 1 (14-1 = 13)diperoleh Ttabel 1.771 hasil sig (2-tailed) sebesar 0,000. Berdasarkan hasil nilai0,000 lebih kecil dari 0,05 dimana 0,000 < 0,05 maka nilai sig lebih kecil dari0,05. Hasil pengujian ini menunjukan bahwa H1 diterima H0 ditolak, sehinggadapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model Problem Based Learning (PBL)terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri 21 KabupatenSorong.

Item Type: Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (S1)
Uncontrolled Keywords: Model Problem Based Learning (PBL), Hasil Belajar Matematika
Subjects: 300 ILMU SOSIAL > 370 Pendidikan > 370.7 Pendidikan Ilmu Kependidikan > 370.72 Riset Penelitian Ilmu Pendidikan, Riset Penelitian Pendidikan
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa Sosial dan Olahraga (FABIO) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: UNIMUDA Administrator Sorong
Date Deposited: 26 Sep 2024 12:39
Last Modified: 29 Sep 2024 10:22
URI: http://eprints.unimudasorong.ac.id/id/eprint/390

Actions (login required)

View Item
View Item