Wulandari, Pipin (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Buku Pintar Alfabet Pada Siswa Kelas 1 SD Inpres 16 Kabupaten Sorong. S1 thesis, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong.
Pipin wulandari-148620620057.pdf - Supplemental Material
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “media pembelajaran buku pintaralfabet pada siswa kelas I SD Inpres 16 Kabupaten Sorong” yang valid danpraktis. Penelitian ini merupakan penelitian RND (research and development)dengan model 4D yang dimodisikasi menjadi 3D, dengan tiga tahapan penelitianyaitu define (pendefinisian), design (desain) dan develop (pengembangan). Pesertadidik kelas I SD Inpres 16 Kabupaten Sorong menjadi sampel dalam penelitianini. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket untukmemperoleh hasil validasi dari validator. Hasil penelitian ini menunjukan bahwamedia pembelajaran buku pintar alfabet termasuk dalam kategori sangat validdengan skor rata rata presentase 84% berdasarkan uji dari validitas oleh validatorahli media, ahli bahasa, dan ahli materi sehingga layak digunakan untukmenunjang proses pembelajaran. Hasil uji kepraktisan media pembelajaran bukupintar alfabet menunjukan bahwa media termasuk dalam kategori sangat praktisdengan nilai rata rata presentase respon guru 100% dan nilai rata rata presentasetjrespon peserta didik yakni 92%. Hal ini menunjukan bahwa media pembelajaranpintar alfabet sangat valid dan sangat praktis sehinga dapat digunakan sebagaimedia yang dapat menunjang proses pembelajaran.
Item Type: | Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media pembelajaran, RND, Buku Pintar Alfabet |
Subjects: | 300 ILMU SOSIAL > 370 Pendidikan > 370.7 Pendidikan Ilmu Kependidikan > 370.72 Riset Penelitian Ilmu Pendidikan, Riset Penelitian Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa Sosial dan Olahraga (FABIO) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | UNIMUDA Administrator Sorong |
Date Deposited: | 26 Sep 2024 11:45 |
Last Modified: | 29 Sep 2024 10:21 |
URI: | http://eprints.unimudasorong.ac.id/id/eprint/389 |