Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Kelas IV di SD Muhammadiyah Aimas

Gustomo S., Alfian Dwi (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Kelas IV di SD Muhammadiyah Aimas. S1 thesis, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong.

[thumbnail of Alfian Dwi Gustomo S.-148620620087.pdf] Text
Alfian Dwi Gustomo S.-148620620087.pdf - Supplemental Material

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model PembelajaranProblem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar peserta didik dalam matapelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Dan Sosial (IPAS) di Kelas IV SD MuhammadiyahAimas. Penelitian ini merupakan desain eksperimen one-group pretest-posttest desain.Variable bebas dalam penelitian adalah model pembelajaran Problem Based Learningsedangkan variable terikat adalah hasil belajar peserta didik. Sampel penelitian iniadalah siswa kelas IV di SD Muhammadiyah Aimas sebanyak 23 siswa. Teknikpengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi, tes (pretest dan posttest)dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari 4 tahap yaitu uji validitas, ujireabilitas, uji normalitas dan uji hipotesis. Hasil uji validitas dinyatakan layakdigunakan dengan catatan revisi. Hasil uji reabilitas nilai Cronbach's Alpha sebesar0.676 untuk 20 item soal. Hasil uji normalitas nilai sig pretest sebesar 0.343. dan nilaisig posttest adalah 0.386. kedua nilai tersebut lebih besar dari 0.05 maka databerdistribusi normal. Hasil uji hipotesis paired sample t test nilai signifikansi (2-tailed)adalah 0,000, yang mana nilai ini lebih kecil dari 0,05. nilai T tabel sebesar 2,025.Karena T hitung (12,794) lebih besar dari T tabel (2,025), maka Ha diterima dan H0ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan pada hasil belajarsiswa kelas IV SD Muhammadiyah Aimas setelah menggunakan Model PembelajaranProblem Based Learning (PBL) pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam danSosial (IPAS).

Item Type: Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (S1)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Problem Based Learning, Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial.
Subjects: 300 ILMU SOSIAL > 370 Pendidikan > 370.7 Pendidikan Ilmu Kependidikan > 370.72 Riset Penelitian Ilmu Pendidikan, Riset Penelitian Pendidikan
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa Sosial dan Olahraga (FABIO) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: UNIMUDA Administrator Sorong
Date Deposited: 26 Sep 2024 11:03
Last Modified: 26 Sep 2024 11:03
URI: http://eprints.unimudasorong.ac.id/id/eprint/388

Actions (login required)

View Item
View Item