Pengaruh Penggunaan Metode Bercerita Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V SD Inpres 15 Kabupaten Sorong

Segidifat, Serly Oktovina (2023) Pengaruh Penggunaan Metode Bercerita Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V SD Inpres 15 Kabupaten Sorong. S1 thesis, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong.

[thumbnail of Serly Oktovina Segidifat-148620617200.pdf] Text
Serly Oktovina Segidifat-148620617200.pdf
Restricted to Registered users only

Download (641kB)

Abstract

Berbicara adalah kemampuan mengucapkan bunyi-bunyi artikulasi ataukata-kata untuk mengekspresikan, menyatakan serta menyampaikan pikiran,gagasan dan perasaan. Berbicara merupakan keterampilan berbahasa selainketerampilan mendengarkan, keterampilan membaca, dan keterampilan menulis.Tujuan yang di ambil yaitu untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaanmetode bercerita terhadap keterampilan berbicara siswa kelas V SD Inpres 15Kabupaten Sorong.Jenis penelitian ini, merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakanmetode eksperimen. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialahone group pretest posttest design. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDInpres 15 Kabupaten Sorong.Penelitian ini dilaksanakan pada Bulan Oktober2023. Populasi dari penelitian ini adalah semua siswa SD Inpres 15 KabupatenSorong yang berjumlah 80 siswa. Dalam penelitian ini peneliti menggunakansiswa kelas V sebagai sampel penelitian dengan jumlah 30 orang siswa. Variabelbebas dalam penelitian ini adalah Metode Bercerita. Variabel terikat dalampenelitian ini adalah Ketrampilan Berbicara.Berdasarkan perhitungan dengan menggunakan uji t, maka diperoleh ������= 1,773 sedangkan �ℎ����� = 5,572. Sehingga �ℎ����� > ������ dan nilaisignifikansinya 0,00 < 0,05. Maka H0 ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwaada pengaruh metode bercerita terhadap Keterampilan berbicara siswa Kelas VSD Inpres 15 Kabupaten Sorong.Berdasarkan hasil kajian teoritis dan penelitian yang telah penulislaksanakan dalam rangka pembahasan skripsidapat disimpulkan bahwa adapengaruh metode bercerita terhadap Keterampilan berbicara siswa Kelas V SDInpres 15 Kabupaten Sorong.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Penggunaan Metode Bercerita, Keterampilan Berbicara Siswa
Subjects: 300 ILMU SOSIAL > 372 Pendidikan Dasar > 372.4 Membaca, Belajar Membaca
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa Sosial dan Olahraga (FABIO) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: UNIMUDA Administrator Sorong
Date Deposited: 01 Sep 2024 05:16
Last Modified: 01 Sep 2024 05:16
URI: http://eprints.unimudasorong.ac.id/id/eprint/378

Actions (login required)

View Item
View Item