Hae, Fiani Frakoru (2024) Tindak Tutur Direktif Dalam Interkasi Mengajar Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Dikelas VIII SMP Guppi Salawati Kabupaten Sorong. S1 thesis, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong.
![[thumbnail of Fiani Frakorus Hae-148820120035.pdf]](http://eprints.unimudasorong.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Fiani Frakorus Hae-148820120035.pdf
Download (1MB)
Abstract
Tindak tutur direktif merupakan aspek penting yang digunakan dalaminteraksi belajar-mengajar. perlu diperhatikan penggunaan tindak tutur direktifyang dituturkan guru dan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasijenis - jenis tindak tutur direktifdalam interaksi belajar mengajar mata pelajaranBahasa dan Sastra Indonesia kelas viii di SMP Guppi Salawati Kabupaten Sorong.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode pengumpulan datadalam penelitian ini, yaitu metode simak dengan teknik rekam, teknik simak bebaslibat cakap (langsung), dan teknik catat. Analisis data menggunakan teknik padanpragmatik. Penentuan jenis dan fungsi tindak tutur direktif dalam interaksi belajarmengajar mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia didasarkan pada indikatorjenis dan fungsi tindak tutur direkti.Hasil penelitian dari bentuk dan fungsi tindak tutur direktif guru dalampembelajaran bahasa Indonesia kelas VIII di SMP Guppi Salawati KabipatenSorong menunjukkan bahwa penggunaan bentuk tindak tutur direktif perintahdan fungsi tindak tutur direktif perintah yang paling banyak digunakandibandingkan dengan tindak tutur direktif yang lainnya.Hal tersebut dapat dilihat dari hasil penelitian yang menunjukkan bahwabentuk tindak tutur perintah dan fungsi tindak tutur perintah digunakan gurubahasa Indonesia yaitu 10 tuturan. Bentuk tindak tutur direktif yang ditemukanyaitu, tindak tutur direktif perintah, permintaan, ajakan, nasihat, kritikan, danlarangan. Fungsi tindak tutur direktif yang ditemui meliputi: memerintah,menyuruh, menasehati, mengajak, melarang, dan meminta.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | tindak tutur direktif dan interaksi belajar mengajar |
Subjects: | 400 BAHASA > 410 Linguistik, Bahasa Indonesia Opsional |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa Sosial dan Olahraga (FABIO) > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | UNIMUDA Administrator Sorong |
Date Deposited: | 31 Aug 2024 13:03 |
Last Modified: | 31 Aug 2024 13:03 |
URI: | http://eprints.unimudasorong.ac.id/id/eprint/376 |