Azizah, Puspa Citra Dwi Nurul (2024) Psikoedukasi Atep (Antibullying Teacher Empowerment Program) Untuk Meningkatkan Efikasi Diri Guru di SD Yapis Doom Dalam Penanganan Perundungan. S1 thesis, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong.
Puspa Citra Dwi Nurul Azizah-147320122023.pdf
Download (3MB)
Abstract
Maraknya kasus perundungan di instansi pendidikan sudah menjadi isu global.Tingginya kasus perundungan karena orang tua, siswa bahkan guru belum memilikikesadaran akan perundungan. Satu dari sepuluh orang menganggap bahwaperundungan ini adalah masalah sedangkan lainnya menganggap bahwaperundungan adalah bagian dari cara anak-anak bercanda sambil bermain.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh psikoedukasi untukpeningkatan efikasi diri guru dalam mengatasi perundungan di sekolah. Penelitianini menggunakan pendekatan kuantitatif eksperimental. Dengan desaineksperimental semu (quasi-experimental design), penelitian ini menggunakan pra-eksperimental karena dalam eksperimental semu masih menggunakanperbandingan kelompok, namun metode ini memiliki kelemahan pada randomisasi.Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 7 orang. Hasil uji-t menunjukkan adanyaperbedaan hasil dari perlakuan antara pretest (M=79.00, SD=6.082, t=-11.250) danposttest (M=104.71, SD=6.047, t=-11.250), nilai sig. 2 tailed 0.000 0,05. Dengandemikian, perlakuan psikoedukasi ATEP berpengaruh meningkatkan efikasi diridilihat dari perbedaan pretest-posttestnya. Pada penelitian ini ditemukan bahwapsikoedukasi ATEP (Antibullying Teacher Empowerment Program) bisameningkatkan efikasi diri guru SD YAPIS Doom dalam penanganan perundungan.Kata Kunci : Efikasi diri, Perundungan, Psikoedukasi
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | 100 FILSAFAT DAN PSIKOLOGI > 150 Psikologi |
Divisions: | Fakultas Ekonomi, Bisnis dan Humaniora (FEBIRA) > Psikologi |
Depositing User: | UNIMUDA Administrator Sorong |
Date Deposited: | 31 Aug 2024 12:01 |
Last Modified: | 31 Aug 2024 12:01 |
URI: | http://eprints.unimudasorong.ac.id/id/eprint/371 |