Pengaruh Bahan Ajar Herbarium Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Keanekaragaman Hayati Kelas X E 1 SMA Negeri 2 Fakfak

Lasol, Regina Prisila (2024) Pengaruh Bahan Ajar Herbarium Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Keanekaragaman Hayati Kelas X E 1 SMA Negeri 2 Fakfak. S1 thesis, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
Regina Prisila Lasol-148420520016.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bahan ajar herbariumterhadap motivasi belajar siswa pada materi keanekaragaman hayati di kelas XE 1 SMA Negeri 2 Fakfak. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatifdengan subjek 30 siswa. Instrumen yang digunakan meliputi angket motivasi,observasi, dan dokumentasi. Angket diukur dengan skala Likert yangmencakup enam indikator motivasi belajar. Observasi digunakan untukmengukur efektivitas bahan ajar herbarium, dan dokumentasi berupa foto untukmendukung validitas data. Analisis data meliputi uji prasyarat (normalitas danhomogenitas) dan uji hipotesis. Uji normalitas Shapiro-Wilk menunjukkan dataterdistribusi normal dengan nilai signifikansi pretest angket motivasi belajarsiswa 0,223 dan posttest angket motivasi belajar siswa 0,252. Uji homogenitasLevene menunjukkan data homogen dengan nilai signifikansi 0,037. Ujihipotesis menggunakan regresi sederhana menunjukkan pengaruh signifikanbahan ajar herbarium terhadap motivasi belajar siswa dengan nilai signifikansi0,001 < 0,05 dan t-hitung 2,874 > t-tabel 2,048. Hasil penelitian menyimpulkanbahwa bahan ajar herbarium memiliki pengaruh positif terhadap motivasibelajar siswa pada materi keanekaragaman hayati.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajar Herbarium, Motivasi Belajar Siswa, Keanekaragaman Hayati.
Subjects: 300 ILMU SOSIAL > 370 Pendidikan
500 ILMU MURNI > 570 Biologi, Ilmu Hayat
Divisions: Fakultas Pendidikan Eksakta (FEKSA) > Pendidikan Biologi
Depositing User: UNIMUDA Administrator Sorong
Date Deposited: 17 Jul 2024 05:34
Last Modified: 17 Jul 2024 05:34
URI: http://eprints.unimudasorong.ac.id/id/eprint/350

Actions (login required)

View Item
View Item