Duwith, Sayo Yulinda (2023) Pengaruh Pendekatan Lingkungan Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas IV SD Inpres 15 Kabupaten Sorong. S1 thesis, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong.
TA_SAYO YULINDA DUWITH_148620619251.pdf
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penggunaanpendekatan lingkungan sebagai sumber belajar terhadap hasil belajar IPA kelas IVSD Inpres Kabupaten Sorong. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswakelas V SD Inpres 15 Kabupaten Sorong.Sampel dalam penelitian ini berjumlah23 siswa.Instrument penelitian ini menggunakan soal dan dokumentasi, denganmenggunakan soal hasil belajar pretest posttest yang berjumlah 20 soal pilihanganda yang dibagikan kepada seluruh sampel penelitian. Berdasarkan hasilpenelitian dan analisis deskriptif diperoleh persentase hasil analisis deskriptif tesIPA siswa pada kelas posttest dengan rata-rata nilai hasil yaitu 77,21. Sedangkanhasil analisis tes IPA siswa pada kelas pretest dengan rata-rata nilai hasil yaitu57,17. Melalui uji hipotesis diperoleh thitung> ttabel dimana, thitung = 6,026sedangkan ttabel = 1,68 menunjukkan H0 ditolak. Dengan demikian, nilai rhitung jauhlebih besar dari pada nilai rtabel maka Ha diterima, artinya bahwa penggunaanpendekatan lingkungan sebagai sumber belajarefektif terhadap hasil belajar IPASiswa Kelas IV SD Inpres 15 Kabupaten Sorong.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendekatan Lingkungan, Hasil Belajar IPA |
Subjects: | 300 ILMU SOSIAL > 372 Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa Sosial dan Olahraga (FABIO) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | UNIMUDA Administrator Sorong |
Date Deposited: | 16 Jul 2024 10:09 |
Last Modified: | 16 Jul 2024 10:09 |
URI: | http://eprints.unimudasorong.ac.id/id/eprint/348 |