ACTIVE LEARNINGDALAM PERSPEKTIF SABABU NUZUL WAHYU PERTAMA DALAM AL-QUR’AN

Tang, Ambo (2023) ACTIVE LEARNINGDALAM PERSPEKTIF SABABU NUZUL WAHYU PERTAMA DALAM AL-QUR’AN. Jurnal PAIDA, 2 (1). pp. 148-155.

[thumbnail of ACTIVE LEARNINGDALAM PERSPEKTIF SABABU NUZUL WAHYU PERTAMA DALAM AL-QUR’AN (2).pdf] Text
ACTIVE LEARNINGDALAM PERSPEKTIF SABABU NUZUL WAHYU PERTAMA DALAM AL-QUR’AN (2).pdf

Download (360kB)

Abstract

Pembelajaran dengan metode satu arah akan menjadikan proses pembelajaran menjadi monotong dan kaku, hening dan dapat menjadi penyebab peserta didik kurang mampu mengasah olah pikirnya, kurang maksimal dalam menangkap materi pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research) yang menjadi salah satu bagian penelitian kualitatif deskriptif. Al-Qur’an merupakan firman Allah yang senantiasa terjaga keautentikannya, diwahyukan kepada nabi Muhammad saw melalui perantara malaikat Jibril as. Al-Qur’an menjadi sumber ilmu pengetahuan dan sumber inspirasi. Manusia sebagai makhluk yang bisa dididik dan mendidik, maka al-Qur’an dengan wahyu pertamanya turun dengan perintah membaca (iqra’) dengan metode janya jawab, menjadi inspirasi pembelajaran dua arah yang lebih dikenal dengan istilah aktive learning.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: al-Qur’an, Wahyu, Pembelajaran, Aktive Learning
Subjects: 200 AGAMA > 297 Islam > 297.07 Pendidikan Islam, Penelitian Islam, dan Topik yang berkaitan
Divisions: Fakultas Agama Islam (FAI) > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Ambo Tang
Date Deposited: 16 Jul 2024 00:31
Last Modified: 19 Jul 2024 12:19
URI: http://eprints.unimudasorong.ac.id/id/eprint/347

Actions (login required)

View Item
View Item