Pengaruh Metode Role Play Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Muatan Pelajaran IPS di SD Inpres 51 Kabupaten Sorong

Ambarau, Eltison (2023) Pengaruh Metode Role Play Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Muatan Pelajaran IPS di SD Inpres 51 Kabupaten Sorong. S1 thesis, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong.

[thumbnail of SKRIPSI] Text (SKRIPSI)
Eltison Ambarau-148620618048-.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Role Play terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Muatan Pelajaran Ips Di Sd Inpres 51 Kabupaten Sorong. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Inpres 51 Kabupaten sorong berjumlah 42 siswa, dengan rincian 21 siswa kelas IVA dan 21 siswa kelas IVB. Variabel penelitian terdiri dari variabel bebas yaitu metode Role Play dan pembelajaran biasa menggunakan ceramah bervariasi, variabel terikat adalah motivasi belajar IPS. Teknik yang digunakan untuk menentukan kelas eksperimen dan kontrol adalah kesepakatan guru mata pelajaran IPS dengan peneliti yaitu melalui undian sederhana. Kelas IVA ditetapkan sebagai kelas kontrol dan kelas IVB sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes hasil belajar dan lembar observasi. Teknik analisis data untuk hasil belajar dalam penelitian ini menggunakan beberapa tahap yaitu analisis deskriptif, uji prasyarat berupa uji normalitas dan homogenitas serta uji hipotesis menggunakan uji-t (t-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh pada hasil belajar siswa kelas eksperimen yang mendapatkan perlakuan khusus dengan metode Role Play dibandingkan kelas yang diberi perlakuan dengan pembelajaran biasa menggunakan ceramah bervariasi. Hasil observasi afektif kelas eksperimen berada pada rentang skor 62,50 yang berarti masuk kategori tinggi dan kelas kontrol berada pada rentang skor 42,50 yang berarti masuk kategori rendah. Berdasarkan hasil uji-t (t-test) pada selisih skor hasil belajar pada kelas eksperimen dan kontrol diperoleh nilai t sebesar 0,048, Nilai t hitung > t tabel (0,048 > 0,013). Kelas eksperimen memperoleh peningkatan hasil belajar rata-rata sebesar 83,5 0 sedangkan kelas kontrol sebesar 61,50

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: 300 ILMU SOSIAL > 372 Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa Sosial dan Olahraga (FABIO) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: UNIMUDA Administrator Sorong
Date Deposited: 07 Jul 2024 12:06
Last Modified: 07 Jul 2024 12:06
URI: http://eprints.unimudasorong.ac.id/id/eprint/341

Actions (login required)

View Item
View Item