Keefektifan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Ditinjau dari Hasil Belajar dan Minat Siswa SMP

Tutuarima, Sheniita (2024) Keefektifan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Ditinjau dari Hasil Belajar dan Minat Siswa SMP. S1 thesis, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong.

[thumbnail of TA-Sheniita Tutuarima-148420220021.pdf] Text
TA-Sheniita Tutuarima-148420220021.pdf

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaranPBL ditinjau dari hasil belajar dan minat siswa SMP N 7 Kota Sorong. Jenispenelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental Design atau eksperimensemu. Dengan kuasi eksperimen adalah Pretest Posttest Nonequivalen ControlGroup Design. Dimana, dalam penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu, kelaskontrol dan kelas eksperimen. Desain yang digunakan adalah dengan memberikanpretest dan angket minat awal sebelum diberi perlakuan dan posttest dan angektakhir setelah diberikan suatu perlakuan. Populasi yang digunakan dalam penelitianini adalah Peserta didik SMP 7 Kota Sorong dengan sampel kelas VIIC dan KelasVIID dengan jumlah 52 siswa. Dalam menguji, peneliti menggunakan ujiMANOVA untuk melihat adanya perbedaan, kemudian dilakukan uji N-Gain Scoreuntuk mengetahui keefektifan model pembelajaran PBL. Dari hasil penelitian yangdilakukan memperoleh hasil akhir bahwa, model pembelajaran Problem BasedLearning (PBL) efektif ditinjau dari hasil belajar dan minat siswa SMP.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: 500 ILMU MURNI
Divisions: Fakultas Pendidikan Eksakta (FEKSA) > Pendidikan Matematika
Depositing User: UNIMUDA Administrator Sorong
Date Deposited: 22 May 2024 11:35
Last Modified: 22 May 2024 11:35
URI: http://eprints.unimudasorong.ac.id/id/eprint/315

Actions (login required)

View Item
View Item