Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas Malawili Kabupaten Sorong

Suprihathin, Aswitha Sari (2023) Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas Malawili Kabupaten Sorong. S1 thesis, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong.

[thumbnail of TA-Aswitha Sari Suprihathin -4820119006.pdf] Text
TA-Aswitha Sari Suprihathin -4820119006.pdf

Download (3MB)

Abstract

Semua negara di dunia ini harus memperkuat sistem pelayanan kesehatan primer untukmeningkatkan efektivitas (kesehatan masyarakat yang lebih baik), efesiensi (biaya tetap dikelola), ekuitas (kesempatan yang sama untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yangsesuai) dan sistem perawatan kesehatan berkelanjutan. Penelitian ini bertujuanmengetahui gambaran tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian dipuskesmas Malawili. Jenis penelitian ini deskriptif, dengan menggunakan desain crosssectional yang dilakasanakan di pelayanan kefarmasian Puskesmas Malawili pada bulanSeptember-Oktober 2023 dengan menggunakan kuesioner yang dibagikan kepada 100responden. Data dikumpulkan untuk mengukur tingkat kepuasan pasien melaluipertanyaan dengan kategori tangible, reliability, responsiveness, assurance dan empathy.Analisis tingkat kepuasan pasien dilakukan dengan software Microsoft Excel sedangkananalisis hubungannya dengan karakteristik dilakukan dengan uji statistik chi-square.Hasil analisis tingkat kepuasan pasien masing-masing dimensi antara lain : tangible76,4%,reliability 82%, responsivness 83,8 %, assurance 86,7%, empaty 89,35%.Sedangkan hasil uji hubungan sosiodemografi dengan tingkat kepuasan menghasilkan Pvalue > 0.05 jenis kelamin (0,000<0,1), usia (0,208>0,1), pendidikan (0,673>0,1),pekerjaan (0,000<0,1), pendapatan (0,000<0,1). Tingkat kepuasan pasien di PuskesmasMalawili Kabupaten Sorong terhadap pelayanan kefarmasian pada seluruh dimensisebesar 83,7% yang menunjukan hasil sangat puas dan hubungan sosiodemografi dengantingkat kepuasan pasien didapatkan hasil yang menyatakan adanya hubungan antara jeniskelamin, pekerjaan dan pendapatan serta tidak adanya hubungan antara karakteristik usiadan pendidikan yang mempengaruhi tingkat kepuasan pasien

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kepuasan pasien, pelayanan kefarmasian
Subjects: 600 TEKNOLOGI, ILMU TERAPAN > 615 Farmakologi dan Terapi Farmakologi
Divisions: Fakultas Sains Terapan (FST) > Farmasi
Depositing User: UNIMUDA Administrator Sorong
Date Deposited: 04 Apr 2024 03:03
Last Modified: 04 Apr 2024 03:03
URI: http://eprints.unimudasorong.ac.id/id/eprint/280

Actions (login required)

View Item
View Item