Peran Guru Dalam Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Kolase Pada Anak Kelompok B di TK Aisyiyah Pulau Arar Kabupaten Sorong

saiman, Purnawati (2023) Peran Guru Dalam Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Kolase Pada Anak Kelompok B di TK Aisyiyah Pulau Arar Kabupaten Sorong. Lainnya thesis, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
TA-Purnawati Saiman-148620719053.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (523kB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang peran guru dalam mengembangkan kemampuan motorik halus melalui kegiatan kolase pada anak kelompok B di TK Aisyiyah Pulau Arar dengan rumusan masalah sebagai berikut: pertama Bagaimana peran guru dalam mengembangkan kemampuan motorik halus melalui kegiatan kolase pada anak kelompok B di TK Aisyiyah Pulau Arar?. Kedua, Apa saja kendalah serta solusi dalam mengembangkan kemampuan motorik halus melalui kegiatan kolase pada anak kelompok B di TK Aisyiyah Pulau Arar?. Metode peneliian yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, sebagai alat pengumpulan data dilapangan dan analisanya ditampilkan dalam bentuk uraian kalimat yang dijelaskan hasilnya pada bab empat dan disimpulkan pada bab lima. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dalam pelaksanaan, peran guru dalam mengembangkan kemampuan motorik halus melalui kegiatan kolase pada anak kelompok B di TK Aisyiyah Pulau Arar memiliki peran penting terhadap perkembangan kemampuan motorik halus anak. upaya yang dilakukan yaitu: pertama, mendidik dan membimbing,kedua pelaksanaan/tindakan. Adapun kendalah serta solusi yang dihadapi guru yaitu, kurangnya media pembelajaran, membutuhkan waktu yang cukup lama, dan membutuhkan banyak guru. Adapun Solusinya yaitu,memperlihatkan contoh gambar kolase secara lansung dan memberikan membingan dan arahan. Implikasi dari penelitian ini yaitu perlu kirannya pihak sekolah lebih memperhatikan media pembelajaran khusunya pembelajaran tentang cara mengembangkan kemampuan motorik halus anak, agar anak tidak memiliki kesulitan disaat kegiatan belajar berlansung. Sebaiknya guru juga lebih berkratif dalam memberikan kegiatan pembelajaran serta lebih menigkatkan motifasi dan bimbingan belajar terhadap peserta didik agar anak semangat dalam belajar.

Item Type: Thesis (Lainnya)
Uncontrolled Keywords: Peran Guru dalam Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus melalui kegiatan kolase
Subjects: 300 ILMU SOSIAL > 370 Pendidikan > 371.1 Guru dan Aktivitas Pembelajaran
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa Sosial dan Olahraga (FABIO) > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD)
Depositing User: UNIMUDA Administrator Sorong
Date Deposited: 14 Jul 2023 09:46
Last Modified: 19 Jul 2023 04:41
URI: http://eprints.unimudasorong.ac.id/id/eprint/26

Actions (login required)

View Item
View Item