Welan, Theresia Ematimu (2023) Analisis Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Peserta Didik Kelas 4 di SD Negeri 24 Kota Sorong. S1 thesis, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong.
TA-Theresia Ematimu Welan -148620619244 .pdf
Download (2MB)
Abstract
Literasi adalah kemampuan yang dimiliki seseorang untuk memahami, mengelolah,serta mendapatkan informasi baru, dan juga merupakan kemampuan seseorang dalammelakukan kegiatan membaca, menulis, menyimak dan berbicara. Penelitian inidilakukan berdasarkan hasil temuan peneliti ketika melakukan observasi dan wawancarayang bertujuan untuk menganalisis gerakan literasi sekolah terhadap kemampuanmembaca pemahaman peserta didik kelas 4 Di SD Negeri 24 Kota Sorong. Penelitianini merupakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dandokumentasi. Dengan subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru kelas 4 dan siswakelas 4 di SD Negeri 24 Kota Sorong. Berdasarkan hasil data pembahasan yangdilakukan peneliti bahwa di SD Negeri 24 sudah menjalankan gerakan literasi sekolahdimulai dari kelas 1 sampai kelas 6, semua guru terlibat dalam gerakan literasi dimasing-masing kelas. Namun pada dasarnya guru kelas 4 tidak melakukan gerakanliterasi setiap hari dan ada tahapan-tahapan yang tidak diterapkan oleh guru kelas 4.Untuk membaca pemahama peserta didik kelas 4, dari hasil peneliti siswa kelas 4 hanyasekedar membaca dan belum bisa menceritakan kembali apa yang mereka bacasebelumnya
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | membaca, pelaksanaan, pemahaman. |
Subjects: | 300 ILMU SOSIAL > 372 Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa Sosial dan Olahraga (FABIO) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | UNIMUDA Administrator Sorong |
Date Deposited: | 22 Feb 2024 14:05 |
Last Modified: | 22 Feb 2024 14:21 |
URI: | http://eprints.unimudasorong.ac.id/id/eprint/245 |