Pengaruh Model Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Proses Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V Sekolah Dasar Negeri 26 Kota Sorong

Tuasela, Milda (2023) Pengaruh Model Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Proses Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V Sekolah Dasar Negeri 26 Kota Sorong. S1 thesis, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong.

[thumbnail of TA-MILDA TUASELA-148620616248.pdf] Text
TA-MILDA TUASELA-148620616248.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Standar isi Permendiknas Nomor 22 tahun 2006, Bahasa Indonesia dipelajari mulai SD agardapat memahami pembelajaran dengan baik dan merupakan cabang pengetahuan berawaldari fenomena alam. Penelitian dilatar belakangi kurangnya motivasi siswa untuk aktif dalampembelajaran dan rendahnya ketuntasan belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V SD Negeri26 Kota Sorong yaitu 57,14. Peneliti memilih penerapan model kooperatif tipe jigsaw padamata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V SD Negeri 26 Kota sorong. Semarangdengan langkah a) Fase 1 (Reading), b) Fase 2 (Expert Group Discussions), c) Fase 3 (Teamreports), d) Fase 4 (Assessment), e) Fase 5 (Team recognition). Penelitian ini bertujuanmeningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar Bahasa Indonesia kelasV SD Negeri 26 Malabutor Kota Sorong. Manfaat penelitian ini meningkatkan kinerja guru,siswa menjadi lebih aktif dan kreatif, sebagai bahan masukan dalam perbaikan pembelajaransekaligus. Metodologi penelitian yaitu penelitian tindakan kelas yang terdiri dariperencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dapat disimpulkanbahwa model kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan kualitas pembelajaran yaituketerampilan guru dengan persentase 79,17% kriteria sangat baik, aktivitas siswa denganpersentase 79,64% kriteria sangat baik, dan hasil belajar siswa dengan persentase ketuntasan100%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh model kooperatif tipe jigsaw terhadap proses hasil belajar siswa
Subjects: 300 ILMU SOSIAL
300 ILMU SOSIAL > 370 Pendidikan
300 ILMU SOSIAL > 372 Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa Sosial dan Olahraga (FABIO) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: UNIMUDA Administrator Sorong
Date Deposited: 12 Feb 2024 01:49
Last Modified: 12 Feb 2024 01:49
URI: http://eprints.unimudasorong.ac.id/id/eprint/242

Actions (login required)

View Item
View Item