ANALISIS KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS 2 DI SD YPK BUKIT SION KUADAS

Mobilala, Felda Margteh (2023) ANALISIS KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS 2 DI SD YPK BUKIT SION KUADAS. S1 thesis, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong.

[thumbnail of TA-Felda Margterh Mobilala-148620618057.pdf] Text
TA-Felda Margterh Mobilala-148620618057.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui kemampuan membaca permulaan siswakelas 2 di sekolah dasar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalahdeskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi,wawancara, dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi.Data dianalisis melalui langkah-langkah pengumpulan data seperti reduksi data,penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwakemampuan membaca permulaan siswa kelas 2 yaitu: Siswa kesulitan mengidentifikasihuruf, mengubah kata, mengucapkan kata salah, mengeja terbata-bata, tidak memahamiisi bacaan, dan sulit konsentrasi. Adapun faktor eksternal yang menjadi hasil daripenelitian ini yaitu: Dari orang tua siswa tersebut masih kurang melatih kembali dirumahuntuk membaca. Sehingga anak tersebut cenderung tidak berprogres yang mengakibatkananak itu tidak bisa/lancar membaca. Peran orang tua dalam membimbing anaknya dalambelajar membaca sangatlah berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan membacapermulaan anak. Kebiasaan belajar membaca harus lebih diterapkan lagi dirumah denganmetode sederhana dalam pengajarannya misalnya dengan menggunakan buku cepren,atau menggunakan kartu abjad berwarna sebagai media pengajarannya.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: 300 ILMU SOSIAL
300 ILMU SOSIAL > 370 Pendidikan
300 ILMU SOSIAL > 372 Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa Sosial dan Olahraga (FABIO) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: UNIMUDA Administrator Sorong
Date Deposited: 10 Feb 2024 01:18
Last Modified: 10 Feb 2024 01:18
URI: http://eprints.unimudasorong.ac.id/id/eprint/241

Actions (login required)

View Item
View Item