Analisis Kesulitan Membaca Pemahaman Peserta didik Kelas 4 SD Inpres 1 Kabupaten Sorong

Wa uki, Wa Uki (2023) Analisis Kesulitan Membaca Pemahaman Peserta didik Kelas 4 SD Inpres 1 Kabupaten Sorong. S1 thesis, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong.

[thumbnail of TA-Wa Uki - 148620618233.pdf] Text
TA-Wa Uki - 148620618233.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

ujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeksripsikan kesulitanpemahaman membaca peserta didik kelas IV SD Inpres 1 Kabupaten Sorongtahun ajaran 2022/2023. Kesulitan membaca pemahaman ditunjukkan dengandengan indikator kemampuan peserta didik dalam menjawab pertanyaan tentangisi bacaan, menemukan gagasan pokok, membuat kesimpulan bacaan, sertakemampuan menceritakan kembali isi bacaan. Penelitian ini termasuk dalampenelitian kualitatif dengan metode penelitian kualitatif dekskriptif danpendekatan studi kasus. Penelitian ini merekomendasikan penelitian lainnyatentang kesulitan membaca pemahaman. Sumber dari penelitian ini adalah Gurudan Peserta didik Kelas IV B SD Inpres 1 kabupaten Sorong yang berjumlahdelapan orang sebagai sampel penelitian. Teknik pengambilan data dilakukandengan observasi dan wawancara. Data dianalisis dengan menggunakan modelMiles dan Huberman yaitu reduksi data,analisis data, serta penyajian data. Padapenelitian ini pengamat mengambil 8 peserta didik sebagai sampel, hal ini karenasaat dilaksanakan observasi pertama peneliti melihat 8 orang tersebut yang masihmengalami kesulitan dalam membaca pemahaman. Setelah dilaksanakannyapenelitian secara mendalam hasil aktivitas peserta di peroleh 54% hal inimenunjukkan bahwa tingkat membaca pemahaman pada peserta didik masihrendah. Ada juga hasil penilaian guru secara langsung, masih banyak yangmenerima nilai di bawah KKM yaitu 70. Selain observasi pengamat jugamelakukan wawancara terhadap peserta didik dan guru, dari hasil wawancarapeneliti melihat bahwa tingkat aktivitas literasi peserta didik masih rendah. Anak– anak lebih menyukai menghabiskan banyak waktu buat bermain HP dan gamedisbanding membaca buku. Selain beberapa faktor di atas peneliti juga melihatkurang adanya penerapan ice breaking saat proses kegiatan belajar mengajarsehingga anak merasa bosan dan jenuh. Pemberian nilai di akhir pembelajaranjuga sangat perlu agar menjadi evaluasi diri bagi guru itu sendiri dan peserta didk.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Analisis, kesulitan, membaca pemahaman
Subjects: 300 ILMU SOSIAL > 370 Pendidikan > 370.21 Statistik Pendidikan
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa Sosial dan Olahraga (FABIO) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: UNIMUDA Administrator Sorong
Date Deposited: 07 Feb 2024 11:44
Last Modified: 07 Feb 2024 11:44
URI: http://eprints.unimudasorong.ac.id/id/eprint/236

Actions (login required)

View Item
View Item