Sani, Mutiara Nabila Purnama (2023) PENGARUH METODE MULTISENSORI VAKT (VISUAL, AUDITORY, KINESTHETIC, TACTILE) TERHADAP KEMAMPUAN PENGETAHUAN ABJAD SISWA KELAS II SDN 42 KOTA SORONG. S1 thesis, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong.
TA_Mutiara Nabila Purnama Sani_148620619227.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan MetodeMultisensori VAKT (Visual, Auditory, Kinestethetic, Tactile) terhadapKemampuan Pengetahuan Abjad Siswa Kelas II SDN 42 Kota Sorong. Penelitianini menggunakan metode penelitian kuantitatif jenis pre-eksperiment dengandesain penelitian One Group Pre-test Post-test design. Data dalam penelitian inidianalisis menggunakan teknik analisis statistik inferensial (Uji Paired Sample T-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan abjad siswa masih dalamkategori “Kurang” dengan hasil pre-test 7 siswa mendapat nilai kurang (41%), 5siswa memperoleh nilai cukup (29%), dan hanya 4 siswa yang mendapat nilaibaik (24%). Adapun hasil nilai post-test 7 orang siswa mendapat nilai sangat baik(41%) dan nilai yang paling banyak diperoleh siswa yaitu di rentang 66 – 79(Baik) yang frekuensinya 8 orang dengan persentase 47% dari total seluruhsampel. Hasil uji hipotesis diperoleh nilai thitung sebesar 12.955 ttabel 2.119sehingga dapat disimpulkan secara signifikan terdapat Pengaruh MetodeMultisensori VAKT (Visual, Auditory, Kinestethetic, Tactile) terhadapKemampuan Pengetahuan Abjad Siswa Kelas II SDN 42 Kota Sorong.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode VAKT; Kemampuan Pengetahuan Abjad; Siswa SD. |
Subjects: | 300 ILMU SOSIAL > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa Sosial dan Olahraga (FABIO) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | UNIMUDA Administrator Sorong |
Date Deposited: | 01 Feb 2024 10:00 |
Last Modified: | 01 Feb 2024 10:00 |
URI: | http://eprints.unimudasorong.ac.id/id/eprint/230 |