Oraple, Theresa (2023) Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Materi Pecahan Siswa Kelas 4 SD YPK Elim Malanu Kota Sorong. S1 thesis, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong.
TA-Theresa Oraple-148620619243.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan siswa dalammemecahkan masalah matematika khususnya pada materi pecahan. Hal ini dapatdilihat dari hasil ulangan harian materi pecahan yang masih rendah yakni di bawahkriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Tujuan penelitian ini adalah untukmengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadapkemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi pecahan di kelasIV SD YPK Elim Malanu Kota Sorong. Penelitian ini merupakan penelitiankuantitatif dengan metode eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakanadalah teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Insrumen yang digunakan dalampeneliti ini adalah tes, yang terbagi atas pre-test dan post-test. Teknik analisis yangdigunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial.Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajarmatematika yang diajarkan menggunakan model pembelajaran inkuiri 47,78menjadi 73,77. Selanjutnya hasil analisis inferensial menggunakan SPSSmenunjukkan bahwa terdapat perbedaan sinifikan antara hasil belajar matematikayang diajarkan menggunakan model inkuiri. Hasil perhitungan nilai sig= 0,98 lebihkecil dari a = 0,05 (0.98 < 0,05) yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pemecahan masalah matematika |
Subjects: | 300 ILMU SOSIAL > 372 Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa Sosial dan Olahraga (FABIO) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | UNIMUDA Administrator Sorong |
Date Deposited: | 31 Jan 2024 10:16 |
Last Modified: | 31 Jan 2024 10:16 |
URI: | http://eprints.unimudasorong.ac.id/id/eprint/229 |