Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Materi Pecahan Siswa Kelas 4 SD YPK Elim Malanu Kota Sorong

Oraple, Theresa (2023) Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Materi Pecahan Siswa Kelas 4 SD YPK Elim Malanu Kota Sorong. S1 thesis, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong.

[thumbnail of TA-Theresa Oraple-148620619243.pdf] Text
TA-Theresa Oraple-148620619243.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan siswa dalammemecahkan masalah matematika khususnya pada materi pecahan. Hal ini dapatdilihat dari hasil ulangan harian materi pecahan yang masih rendah yakni di bawahkriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Tujuan penelitian ini adalah untukmengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadapkemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi pecahan di kelasIV SD YPK Elim Malanu Kota Sorong. Penelitian ini merupakan penelitiankuantitatif dengan metode eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakanadalah teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Insrumen yang digunakan dalampeneliti ini adalah tes, yang terbagi atas pre-test dan post-test. Teknik analisis yangdigunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial.Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajarmatematika yang diajarkan menggunakan model pembelajaran inkuiri 47,78menjadi 73,77. Selanjutnya hasil analisis inferensial menggunakan SPSSmenunjukkan bahwa terdapat perbedaan sinifikan antara hasil belajar matematikayang diajarkan menggunakan model inkuiri. Hasil perhitungan nilai sig= 0,98 lebihkecil dari a = 0,05 (0.98 < 0,05) yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pemecahan masalah matematika
Subjects: 300 ILMU SOSIAL > 372 Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa Sosial dan Olahraga (FABIO) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: UNIMUDA Administrator Sorong
Date Deposited: 31 Jan 2024 10:16
Last Modified: 31 Jan 2024 10:16
URI: http://eprints.unimudasorong.ac.id/id/eprint/229

Actions (login required)

View Item
View Item