Safitri, Anisa Dewi (2023) PENGARUHPENERAPANMODELPEMBELAJARANARCS TERHADAP PENALARAN PESERTA DIDIK. S1 thesis, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong.
![[thumbnail of TA-Anisa Dewi Safitri-148420219024.pdf]](http://eprints.unimudasorong.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
TA-Anisa Dewi Safitri-148420219024.pdf
Restricted to Registered users only
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penerapanmodel pembelajaran ARCS terhadap kemampuan penalaran peserta didik apakahadanya pengaruh dalam penerapan model pembelajaran ARCS terhadapkemampuan penalaran peserta didik atau tidak adanya pengaruh. Penelitian inimerupakan jenis penelitia Pre Experimental dengan desain One Group PretestPosttest desain. Populasi dalam penelitian ini adalah peseerta didik kelas VIIISMP Negeri 3 Kota Sorong yangterdiri dari 11 kelas dan di pilih secara acak satukelas sebagai sampel penelitian yaitu kelas VIII I. Teknik pengumpulan data padapenelitian ini yaitu dengan cara tes, angket dan observasi. Teknik analisis datayang digunakan yaitu menggunakan uji normalitas, uji hipotesis dan uji n-gain.Hasil penelitian ini menunjukkan hasil peserta didik kelas VIII I SMP Negeri 3Kota Sorong sebelum adanya perlakuan dengannilai pretest 42,88 dan dengansesudah diberikannya perlakuan dengan nilai posttest 83,44. Dari hasil tersebutmenunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran ARCSterhadap kemampuan penalaran peserta didik dikelas VIII I SMP Negeri 3 KotaSorong
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | ModelPembelajaranARCS,Kemampuanpenalaranpesertadidik |
Subjects: | 500 ILMU MURNI > 510 Matematika > 510.7 Pendidikan Matematika |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Eksakta (FEKSA) > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | UNIMUDA Administrator Sorong |
Date Deposited: | 14 Dec 2023 06:40 |
Last Modified: | 14 Dec 2023 06:40 |
URI: | http://eprints.unimudasorong.ac.id/id/eprint/212 |