PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN GURU TERHADAP KURIKULUM 2013 DI SMP NEGERI 11 KABUPATEN SORONG

YADANFLE, MERSELINA (2023) PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN GURU TERHADAP KURIKULUM 2013 DI SMP NEGERI 11 KABUPATEN SORONG. S1 thesis, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong.

[thumbnail of TA-MERSELINA YADANFLE-148720519036.pdf] Text
TA-MERSELINA YADANFLE-148720519036.pdf
Restricted to Registered users only

Download (622kB)

Abstract

Kegiatan pembelajaran dalam skema Kurikulum 2013 diselenggarakan untukmembentuk watak, membangun pengetahuan, sikap dan kebiasaan-kebiasaanuntuk meningkatkan mutu kehidupan peserta didik. Mengetahui bahwa perankepala sekolah sangat penting bagi guru-guru dalam memahami kurikulum 2013.Maka, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran kepala sekolah dalammeningkatkan pemahaman guru terhadap kurikulum 2013 di SMP Negeri 11Kabupaten Sorong. Jenis penelitian yang digunakan yaitu jenis kualitatif denganpendekatan deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskanperan kepala sekolah dalam meningkatkan pemahaman guru terhadap kurikulum2013. Populasi dan subjek penelitian ini terdiri dari kepala sekolah dan guru-guruSMP Negeri 11 Kabupaten Sorong. Pengumpulan data dilakukan denganmenggunakan teknik wawancara menggunakan instrumen wawancara. Hasilpenelitian menunjukkan bahwa, terdapat 3 tema yaitu (1) proses penerapankurikulum 2013 di SMP Negeri 11 Kabupaten Sorong, (2) kesiapan guru-gurudalam pelaksanaan kurikulum 2013, dan (3) kesulitan yang dihadapi dalampelaksanaan dan penerapan kurikulum 2013 baik bagi guru-guru maupun siswasiswi. Kesimpulan bahwa berdasarkan hasil wawancara observasi dandokumentasi (1). Bagaimana peran kepala sekolah dalam meningkatkanpemahaman guru terhadap kurikulum 2013 di SMP Negeri 11 Kabupaten Sorong?(2). Apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat kepala sekolah dalammeningkatkan pemahaman guru terhadap kurikulum 2013 di SMP Negeri 11kabupaten sorong? dalam meningkatkan pemahaman guru terhadap penerpakankurikulum 2013, kepala sekolah berperan sebagai pemberi motivasi dan peluangkepada guru-guru untuk mengikuti pelatihan-pelatihan, melibatkan diri dalamkelompok-kelompok belajar guru serta menyediakan sarana dan prasarana yangdapat mendukung proses penerapan dan pembelajaran berbasis kurikulum 2013,menciptakan suasana yang kondusif, menyediakan sumber belajar baik bagi guruguru maupun siswa-siswi, membina disiplin serta menciptakan lingkungan belajaryang asri di lingkungan sekolah.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Peran Kepala Sekolah, Pemahaman Guru, Kurikulum 2013
Subjects: 000 KARYA UMUM
300 ILMU SOSIAL > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa Sosial dan Olahraga (FABIO) > Pendidikan Kewarganegaraan (PKN)
Depositing User: rahma wati
Date Deposited: 12 Dec 2023 14:46
Last Modified: 12 Dec 2023 14:46
URI: http://eprints.unimudasorong.ac.id/id/eprint/198

Actions (login required)

View Item
View Item